PSG Pakai Jersi Bernuansa Pelangi saat Libas Montpellier, Kampanye LGBT?

Pemain Paris St Germain Lionel Messi dan Angel Di Maria saat hadapi Montpellier di Stade de la Mosson, Montpellier, Prancis, Sabtu (14/5/2022). Foto: Benoit Tessier/REUTERS

Paris Saint-Germain (PSG) membenamkan Montpellier 4-0 dalam laga pekan ke-37 Liga Prancis 2021/22 di Stadion La Mosson pada Minggu (15/5) dini hari WIB. Jersi yang dipakai Lionel Messi cs dan juga tim tuan rumah beda dari biasanya.

Gol PSG dicetak oleh Lionel Messi (6′ dan 20′), Angel Di Maria (26′), dan Kylian Mbappe (60′). Bukan cuma aksi memukau para pemain Les Parisiens dan pemain Montpellier yang menjadi sorotan.

Jadi, nomor punggung pada jersi putih PSG dan jersi hitam Montpellier dalam laga tersebut berwarna pelangi. Rupanya, hal ini ada hubungannya dengan LGBT.

Menurut pemaparan Goal International, pemakaian jersi bernomor pelangi di laga ini dalam rangka memperingati Hari Internasional Melawan Homofobia. Jadi, klub-klub Prancis, termasuk PSG, kompak melakukannya. Di Liga Prancis, ini sudah diperingati sejak tahun lalu.

Paris St Germain Kylian Mbappe menerima perawatan medis setelah mengalami cedera saat hadapi Montpellier di Stade de la Mosson, Montpellier, Prancis, Sabtu (14/5/2022). Foto: Benoit Tessier/REUTERSPemain Paris St Germain Lionel Messi beraksi dengan pemain Montpellier Joris Chotard di Stade de la Mosson, Montpellier, Prancis, Sabtu (14/5/2022). Foto: Benoit Tessier/REUTERS

Jadi, pada Mei 2021, setiap tim di Divisi Teratas (Ligue 1) dan Divisi Kedua (Ligue 2) Liga Prancis mengeluarkan nomor pelangi. Ini bagian dari kampanye LFP (Badan Liga Prancis) yang berbunyi ‘Gay or straight, we all wear the same jersey (kita menggunakan jersi yang sama)’.

Hal ini rupanya dilakukan lagi pada 2022. Jadilah, PSG dan klub Liga Prancis lain mengenakan jersi dengan nomor punggung pelangi.

Comments are closed.