Profil Thomas Delaney: Pencetak Gol Cepat saat Denmark Menang atas Ceko

Pemain Denmark Thomas Delaney saat mencetak gol ke gawang Ceko pada pertandingan perempat final Euro 2020 di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan. Foto: Valentyn Ogirenko/Reuters

Thomas Delaney menampilkan permainan apik saat Denmark menang 2-1 atas Ceko di babak perempat final Euro 2020, Sabtu (3/7) malam WIB. Ia membuka keunggulan ‘Tim Dinamit’ saat laga baru berjalan lima menit.

Gol tersebut adalah gol pertama Delaney untuk Timnas Denmark di putaran final turnamen bergengsi. Ia memang sudah membukukan lima gol sebelumnya, namun itu hadir di laga-laga kualifikasi.

Catatan ini menjadi lebih manis karena kemenangan tersebut berhasil membawa Denmark melaju ke semifinal Euro 2020.

Lantas, siapa Thomas Delaney dan bagaimana kiprahnya?

Thomas Joseph Delaney lahir pada 3 September 1991 di Frederiksberg, Denmark. Ia memulai karier sepak bola di klub remaja, Kjobenhavns Boldklub, tim cadangan FC Copenhagen.

Selebrasi pemain Denmark Thomas Delaney usai menjebol gawang Ceko saat pertandingan perempat final Euro 2020 di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan. Foto: Valentyn Ogirenko/Reuters

Pada Juli 2007, Delaney masuk ke dalam tim Copenhagen U-19. Dua tahun kemudian, ia dikontrak tim utama, FC Copenhagen.

Delaney melakoni debutnya di FC Copenhagen pada 22 Juli 2009 silam. Kala itu, ia mencetak gol dalam babak kedua kualifikasi Liga Champions melawan FK Morgen. Ia mencetak gol dalam laga itu.

Ia bertahan selama tujuh tahun lebih di FC Copenhagen. Delaney telah merumput dalam 246 pertandingan dengan catatan 24 gol dan 17 assist.

Sederet prestasi mentereng berhasil diraih Delaney selama masa baktinya di FC Copenhagen. Ia membantu timnya menjuarai Liga Denmark sebanyak lima kali dan Piala Liga Denmark empat kali.

Pada 1 Januari 2017, Delaney meninggalkan FC Copenhagen dan terbang ke Jerman. Ia bergabung bersama Werder Bremen.

Selebrasi pemain Denmark Thomas Delaney usai menjebol gawang Ceko saat pertandingan perempat final Euro 2020 di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan. Foto: Valentyn Ogirenko/Reuters

Delaney hanya bertahan satu setengah musim di Werder Bremen. Ia tampil dalam 49 pertandingan, mencetak masing-masing tujuh gol dan assist.

Sejak 1 Juli 2018, Delaney sudah berseragam Borussia Dortmund. Hingga kini, ia telah main dalam 86 pertandingan, mencetak 4 gol dan 11 assist untuk Die Borussen.

Ia membantu Borussia Dortmund memenangi Piala Super Jerman pada musim 2019/20. Delaney juga ambil bagian saat mereka menjuarai Bundesliga di musim 2020/21.

Delaney telah menjadi bagian Timnas Denmark di beberapa level umur. Debutnya bersama timnas senior sendiri dimulai pada 15 Oktober 2013 silam dalam kualifikasi Piala Dunia 2014.

Hingga kini, Delaney telah membela Denmark dalam 59 pertandingan. Gol ke gawang Ceko di babak 8 besar Euro 2020 adalah gol pertamanya untuk timnas senior di putaran final kompetisi besar.

****

Comments are closed.