PPKM Hari Pertama, Gerbang Tol Pasteur dan Tol Pasirkoja Lengang

Petugas gabungan melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi pengendara di Gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/5). Foto: Novrian Arbi/ANTARA FOTO

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pergerakan warga yang datang dari arah luar Bandung menurun pada akhir pekan saat pelaksanaan PPKM Darurat hari pertama Sabtu (3/7/2021).

Hal itu didasarkan atas pemantauan yang dilakukan di Tol Pasirkoja dan Pasteur. Diketahui, PPKM Darurat akan dilaksanakan hingga tanggal 20 Juli mendatang.

“Saya mengucapkan syukur Alhamdulillah melihat dengan kasat mata, pergerakan masyarakat yang datang ke Jabar bisa dilihat dikatakan sepi yang bisa lihat di Pasteur biasanya akhir pekan, di Pasirkoja banyak, hari ini lengang,” kata dia kepada wartawan, Sabtu (3/7).

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar

Uu menambahkan, pos penyekatan yang didirikan di sejumlah titik di Jabar pun sudah siap untuk membatasi pergerakan masyarakat. Jika nantinya ada pelanggaran, maka akan ditindak sesuai ketentuan yang tertera di dalam Peraturan Daerah Jabar Nomor 5 Tahun 2021. Adapun di Jabar, polisi sudah menyiapkan 106 titik penyekatan.

Selain memantau pergerakan masyarakat di ruas jalan, Uu mengatakan, mal sudah taat untuk ditutup sementara waktu. Sementara itu, supermarket yang menjual kebutuhan pokok dan makanan biasa masih diperbolehkan untuk buka. Hanya saja, operasionalnya dibatasi.

“Kami lihat supermarket atau pun mal, para pengusaha ada ketaatan semua tutup,” ucap dia.

Uu berharap pelaksanaan PPKM Darurat dapat menekan laju sebaran kasus COVID-19 yang meningkat dan menurunkan keterisian tempat tidur di rumah sakit yang sudah nyaris penuh. Dia pun meyakini masyarakat dapat taat dalam pelaksanaan PPKM Darurat.

“Pemprov Jabar menyampaikan situasi hari ini dan terus merekomendasikan dan pemerintah pusat membuat kebijakan bagi Jabar hari ini,” ujar dia.

Comments are closed.