PPKM Darurat, Puan Minta Pemerintah Beri Vitamin dan Suplemen untuk Rakyat

Ketua DPR Puan Maharani (kanan) didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) pidato pengantar dalam rangka Sidang Bersama DPR-DPD di Ruang Rapat Paripurna, Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Pemerintah akan melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat dari 3 hingga 20 Juli di 6 provinsi dan 44 kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali. Ketua DPR Puan Maharani menilai pentingnya partisipasi masyarakat dalam menyukseskan PPKM Darurat.

Puan Maharani meminta pemerintah memberikan bantuan, khususnya pada warga yang paling terdampak dan membutuhkan. Pemberian bantuan penting agar masyarakat semakin tenang berpartisipasi menyukseskan PPKM Darurat.

“Ketegasan pemerintah serta peran dan partisipasi masyarakat sangat menentukan kesuksesan PPKM Darurat. Maka pemerintah harus memberi bantuan agar masyarakat semakin tenang, dan semakin yakin bahwa kebijakan ini harus disukseskan demi pemulihan dari pandemi COVID-19,” kata Puan, Jumat (2/7).

Puan mengatakan, bantuan dari pemerintah diharapkan bukan hanya bantuan sosial dan penundaan kenaikan tarif dasar listrik. Tetapi harus menyiapkan bantuan lain dengan cakupan luas.

“Harus diperhatikan betul dampak dan solusi untuk warga yang terdampak kebijakan ini. Harus ada bantuan yang tepat manfaat dan tepat sasaran. Memberikan vitamin dan suplemen untuk masyarakat juga perlu dilakukan supaya imunnya terjaga,” papar eks Menko PMK ini.

Warga yang menggunakan masker melintasi mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus Corona di kawasan Tebet, Jakarta. Foto: Ajeng Dinar Ulfiana/REUTERS

“Lalu bagaimana dengan proses vaksinasi pada masa PPKM Darurat ini? Saya harap dapat tetap berjalan cepat, dengan pengaturan pencegahan kerumunan dan disiplin protokol kesehatannya,” tambah Puan.

Lebih lanjut, Puan menegaskan DPR RI mendukung dan mengawasi kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19. Sebab, pandemi COVID-19 adalah persoalan kemanusiaan yang harus dihadapi dengan komitmen dan kedisiplinan bersama.

“Keselamatan masyarakat adalah hal utama. DPR RI mendukung penuh langkah pemerintah mengatasi pandemi ini. Semua kebijakan harus terukur, harus tegas. Yakinlah, kita pasti bisa melalui situasi darurat ini,” pungkas Ketua DPP PDIP ini.

Comments are closed.