PPKM Darurat: Mal Ditutup, Restoran Hanya Boleh Take Away

Ilustrasi mal. Foto: Pixabay

Pemerintah akan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat mulai berlaku mulai 3 Juli hingga 20 Juli mendatang. Keputusan ini diambil karena kasus corona terus melonjak sejak libur Lebaran.

Draft aturan mengenai PPKM Darurat pun beredar. Isinya, terjadi sejumlah pengetatan. Salah satunya penutupan layanan dine-in atau makan di tempat bagi restoran dan rumah makan, sehingga usaha restoran hanya diizinkan menyediakan layanan take away.

“Restoran dan rumah makan hanya menerima delivery/take away,” demikian bunyi aturan PPKM Darurat Jawa-Bali, menurut informasi yang dihimpun kumparan, Rabu (30/6).

Menurut informasi yang dihimpun kumparan, aturan ini bersifat final. Namun, untuk resminya/pastinya akan diumumkan pemerintah.

Dalam draf PPKM Darurat, hingga 20 Juli, pusat perbelanjaan dan mal juga akan ditutup. Sementara untuk supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan dibatasi hingga pukul 20.00 WIB.

Target penerapan PPKM Darurat yakni penurunan penambahan kasus konfirmasi harian kurang dari 10 ribu per hari. Adapun cakupan area PPKM Darurat yakni di 45 Kabupaten/Kota dengan nilai assesmen 4 dan 76 Kabupaten/Kota dengan nilai assesmen 3 di Pulau Jawa dan Bali.

Ilustrasi Mal Central Park, Jakarta Barat. Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Dalam siaran YouTube Setpres, Presiden Joko Widodo mengatakan aturan PPKM Darurat hingga Rabu (30/6) masih difinalisasi. Jika sudah diterapkan, harapannya bisa menekan penyebaran virus corona.

“Hari ini ada finalisasi kajian untuk kita melihat karena lonjakan sangat tinggi dan kita harapkan selesai karena diketuai Pak Airlangga, Menko Ekonomi untuk memutuskan diberlakukannya PPKM Darurat,” kata Jokowi kemarin.

Dia mengaku belum tahu detail keputusan pemberlakuan PPKM Darurat berlaku seminggu atau dua minggu. Yang pastinya, daerah yang akan menerapkan kebijakan ini sudah diketahui yaitu hanya khusus di Pulau Jawa dan Pulau Bali karena ada 44 kabupaten dan kota serta 6 provinsi yang nilai asemennya 4.

Comments are closed.