PPKM Darurat, Keberangkatan 21 KA Daop 3 Cirebon Dibatalkan

KA melintas di Daop 3 Cirebon.(Juan)

Ciremaitoday.com, Cirebon – Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mukai 5 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang, PT KAI Daop 3 Cirebon membatalkan keberangkatan sebanyak 21 Kereta Api (KA). Keputusan tersebut diberlakukan sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 42 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Kereta Api pada Masa Pandemi COVID-19. Kini KA yang beroperasi dan melintas di Daop 3 Cirebon sebanyak 22 perjalanan terdiri dari tujuan Jakarta sebanyak 10 perjalanan, tujuan Surabaya sebanyak 5 perjalanan, ke arah Solo dan Malang masing-masing 2 perjalanan, sementara untuk tujuan Bandung, Blitar dan Tegal masing-masing 1 perjalanan KA.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto mengatakan, kebijakan tersebut dijalankan untuk mendukung penuh peraturan pemerintah dalam upaya mengendalikan laju penyebaran COVID-19 antar daerah.

“Kami mendukung penuh langkah yang diambil pemerintah dalam menghentikan penyebaran COVID-19,” katanya, Selasa, 6/07/2021.

Ia menjelaskan, dari 21 KA yang tidak diberangkatkan sebanyak 124 penumpang yang membatalkan perjalanannya ke beberapa daerah tujuan yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lainnya.

“Sehubungan dengan tidak beroperasionalnya 21 KA, menurut data pagi tadi sekitar pukul 08.00 Wib sebanyak 124 penumpang yang membatalkan perjalanan,” imbuhnya.

Ia menyatakan, bagi penumpang yang hendak melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi selama masa PPKM Darurat harus memenuhi sejumlah persyaratan diantaranya adalah wajib menyertakan surat Vaksin COVID-19, surat bebas COVID-19 yang dibuktikan dengan hasil tes Antigen dan tes PCR.

“Berlaku bagi penumpang perjalanan jarak jauh usia 18 tahun keatas,” pungkasnya.(Juan)

Comments are closed.