PPKM Darurat Hari ke-5, Kemacetan di Penyekatan Jakarta Turun, Antrean 50 Meter

Penyekatan kendaraan dari Tangerang ke Jakarta, pada Rabu (7/7). Foto: Dok. Istimewa

Ditlantas Polda Metro Jaya telah melakukan uji coba dengan memisah antara jalur khusus tenaga kesehatan (nakes) dan jalur umum. Hasilnya sejak diuji coba, Rabu (7/7) kemarin, kemacetan jauh berkurang.

“Alhamdulillah hasil pemantauan hari pertama kemarin setelah kanalisasi kemacetan jauh sungguh berkurang,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo di Jakarta, Kamis (8/7).

Sambodo menyebut, biasanya kemacetan bisa sampai 1 km. Namun, sejak sistem kanalisasi jalur diberlakukan kemacetan turun hingga 50 meter.

“Titik-titik penyekatan yang biasanya kalau pagi antrean 1 Km kemaren paling panjang 50-100 meter. Itupun antrean sepeda motor. Roda 4 hanya sekitar 8-10 antrean kendaraan setelah itu sudah tidak ada,” rinci Sambodo.

Petugas kepolisian memeriksa dokumen dan persyaratan pengendara yang melintasi pos penyekatan PPKM Darurat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (7/7/2021). Foto: Hafidz Mubarak A/Antara Foto

Menurut Sambodo, masyarakat mulai sadar akan pentingnya PPKM Darurat untuk menekan laju penyebaran COVID-19. Sejauh ini yang tetap beraktivitas yakni pekerja esensial dan kritikal.

“Artinya yang melaksanakan pergerakan mobilitas hanyalah masyarakat yang bergerak di bidang kritikal dan esensial,” tandasnya.

Comments are closed.