Posisi Badan Saat Menendang Bola Jarak Jauh, Berikut Tekniknya

Posisi Badan Menendang Bola Jarak Jauh. (Foto: Unsplash/GregorioCavana)

Posisi badan saat menendang bola jarak jauh adalah dengan mencondongkan badan ke arah depan dengan posisi menyerong. Pose tersebut akan membuka sedikit ruang, mendapatkan timing dan dorongan kaki lebih luas bagi penendang.

Ketika menendang dengan posisi tersebut, maka akan mendapatkan peningkatan pada power ketika mengayunkan kaki. Secara bersamaan, arahkan posisi tendangan ke arah sudut gawang untuk mengoptimalkan akurasi.

Salah satu teknik dalam sepak bola ini wajib dikuasai oleh para pemain, agar dalam kondisi tertentu penggunaan tendangan jarak jauh bisa digunakan untuk menekan sisi pertahanan lawan.

Jika bola tidak masuk ke dalam gawang karena dihalau oleh kiper, hal itu akan bermanfaat bagi rekan tim untuk mengeksekusi bola muntah yang dihasilkan dari tepisan penjaga gawang tersebut. Berikut ini saat bermain posisi badan saat menendang bola jarak jauh adalah sebagai berikut.

Posisi Badan Saat Menendang Bola Jarak Jauh adalah

Teknik Shooting atau Menendang Bola dalam Sepak Bola. (Foto: Pexels/ZacFrith)

Setelah mengetahui posisi badan pada saat menendang bola jarak jauh adalah apa. Berikut ini adalah tata cara dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan tendangan jarak jauh, antara lain:

Berikut ini adalah tata cara melakukan tendangan bola jarak jauh menurut Ucup Yusuf dalam Skripsi-nya yang berjudul Keterampilan Tendangan Jarak Jauh, sebagai berikut:

Letakkan Kaki tumpuan di belakang hingga bola yang bergulir berjarak 25-30 cm dari kaki dan arahkan kaki tumpu membuat sudut 45 derajat sehingga membentuk garis lurus ke arah bola.

Pastikan kaki yang menendang diangkat ke belakang cukup tinggi kemudian ayunkan ke arah kaki mengenai bola dengan mengarah kepada sasaran.

Kemudian, pastikan saat menendang bola menggunakan punggung kaki atau kura-kura kaki untuk mendapatkan kekuatan tendangan cukup keras dengan akurasi yang tinggi saat menendang bola.

Tempatkan kura-kura atau punggung kaki yang akan menendang tepat mengenai bagian tengah bawah bola untuk melambungkan bola..

Ilustrasi Menendang Bola Jarak Jauh. (Foto: Pixabay/SeppH)

Untuk mendapatkan tendangan bola yang keras dan tepat sasaran dalam posisi jarak jauh, berikut ini adalah hal-hal yang wajib diperhatikan, yaitu:

Kekuatan, hal ini menjadi salah satu faktor ketika menendang jarak jauh, karena akan menentukan power bola berada di udara saat ditendang,

Panjang Tungkai Kaki, jika memiliki tungkai kaki yang panjang, pastikan posisi kaki tumpuan sedikit lebih lebar sehingga memiliki cukup ruang bagi kaki yang akan menendang,

Daya Ledak Otot, untuk menghindari kaki dari cedera akibat menendang dengan power yang keras pada tendangan jarak jauh, pastikan untuk mengontrol daya ledak otot kaki.

Timing, sesuaikan penggunaan waktu dan kondisi dengan bola saat akan berkenaan dengan kaki, agar tendangan tidak meleset.

Teknik Menendang, teknik menendang setiap individu pasti berbeda-beda, sesuai dengan kenyamanan dan kebiasaan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu latihan teknik-teknik menendang yang berbeda agar terbiasa melakukan shooting keras dalam kondisi dan situasi yang berbeda pula.

Posisi badan saat menendang bola jarak jauh adalah hal yang wajib diperhatikan agar mendapatkan power yang keras dalam olahraga sepak bola. Selamat mencoba!

(FS)

Comments are closed.