Polresta Solo Siapkan Ratusan Relawan untuk Tracing Kasus COVID-19

Relawan mengikuti pelatihan teknik tracing di Balai Kota Solo

SOLO-Polresta Solo membentuk kelompok relawan untuk kebutuhan penelusuran kontak erat dari pasien COVID-19. Mereka ditugaskan untuk membantu tenaga kesehatan melakukan penelusuran tersebut.

Selama ini, polisi hanya menugaskan petugas Bhabinkamtibmas untuk membantu petugas medis dalam melakukan tracing. “Padahal wilayahnya cukup luas,” kata Kepala Satuan Binmas Polresta Solo, Kompol Febriyani Aer, Senin (27/06/2021).

Saat ini pihaknya telah merekrut sekitar 200 orang relawan. Mereka akan diterjunkan ke 54 kelurahan yang ada di Kota Solo.

“Sehingga nantinya ada 3-5 sukarelawan di tiap kelurahan,” kata Febriyani. Menurutnya, pembentukan sukarelawan ini berdasarkan petunjuk dari Mabes Polri.

Pelibatan relawan itu diharapkan bisa membantu pemerintah untuk mempercepat pendeteksian masyarakat yang terinfeksi Virus Corona.

Para relawan tersebut menerima pelatihan sebelum menjalankan tugasnya. Adapun materi pelatihan diberikan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Solo.

Pelatihan yang akan diberikan meliputi teknik penelusuran, wawancara hingga penyuluhan kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Senkom Mitra Polri Kota Solo, Kevin Fabiano mengatakan organisasinya ikut terlibat sebagai relawan. “Kami akan melaporkan hasil pelacakan ke Dinas Kesehatan,” katanya.

(Agung Santoso)

Comments are closed.