Polling: Apa Perasaan Anda Jika Ada Pejabat Pakai Sirine di Jalan?

Lampu Strobo Foto: Shutterstock

Sejumlah pejabat masih sering menggunakan privilege di jalan raya. Mulai dari meminta pengamanan polisi, menyalakan sirine, hingga menggunakan rotator. Tujuannya tentu untuk mendapat prioritas di tengah kemacetan jalan.

Para pejabat ini biasanya akan ‘memaksa’ publik yang berkendara untuk membukakan jalan. Kendaraan sipil pun dipinggirkan sementara agar para pejabat itu dapat leluasa melintas.

Pada dasarnya, penggunaan sirene, lampu strobo dan rotator di mobil pejabat memang dibolehkan. Aturannya tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Meski begitu, privilege itu justru membuat para pejabat ini terkesan arogan dan seenaknya di jalanan umum.

Presiden Jokowi sendiri kini sudah tak lagi menggunakan privilege tersebut. Iring-iringan Jokowi tak lagi menggunakan sirine atau penutupan jalan. Semuanya mengalir seperti biasa agar publik tidak terganggu.

Lantas, apa perasaan Anda jika ada pejabat pakai sirine di jalan? Sampaikan jawaban Anda dalam polling kumparan. Berikan juga pendapat Anda dalam kolom komentar.

Comments are closed.