Polda Metro soal PPKM Terbukti Efektif: Masyarakat Jakarta Sudah Mengerti

Polisi mengamati surat milik pengendara sepeda motor saat akan melintas di titik penyekatan baru di kawasan Gerbang Pemuda, Jakarta Selatan, Jumat (16/7/2021). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO

Pelaksanaan PPKM Darurat dilanjutkan dengan PPKM Level 4 di Jakarta menunjukkan hasil positif. Kasus corona di Jakarta terus mengalami penurunan.

Dengan melihat kondisi ini, masyarakat di Jakarta dinilai sudah mengerti bahwa untuk memutus penyebaran virus corona adalah mengurangi mobilitas.

“Esensial diatur sekian persen non esensial juga diatur untuk WFH juga ada beberapa kelonggaran lain sehingga mobilitas ini sudah banyak masyarakat mengerti bahwa salah satu upaya penyebaran COVID-19 ini dengan mengurangi mobilitas,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (2/8).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Foto: Aria Pradana/kumparan

“Alhamdulillah masyarakat Jakarta sudah mengerti dari mana kita lihat. Dari bor yang ada termasuk RS sudah menurun. Juga tingkat positive rate jakarta khususnya juga sudah menurun,” tambahnya.

Yusri mengatakan, perlu sinergitas antara masyarakat, pemerintah dan aparat untuk terus menekan laju kasus aktif di Jakarta. Masyarakat Jakarta diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sehingga perlu kebersamaan, sinergitas yang dibutuhkan kolaborasi dan juga sinergitas antara masyarakat, pemerintah dan aparat sehingga kita tahu dan mau care bahwa cara untuk memutus mata rantai penyebaran kita harus bersama-sama, bersinergi,” kata dia.

Polisi mengecek surat di pos penyekatan PPKM Darurat di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/7/2021). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan saat ini kasus aktif di Jakarta sudah turun sekitar 100 ribu kasus. Angka ini dibandingkan saat awal PPKM darurat dengan kondisi sekarang.

Selama PPKM, misi utamanya tentu mengurangi mobilitas warga. Berbagai pembatasan dilakukan, mulai penyekatan di 100 titik hingga sejumlah persyaratan bagi mereka yang terpaksa berkegiatan di luar rumah.

Segala jerih payah pembatasan dan penekanan mobilitas warga hasilnya bisa dirasakan saat ini.

“Ini bukti konkret bahwa pembatasan mobilitas yang dikerjakan kemarin efektif, mari kita teruskan,” ungkapnya.

Comments are closed.