Pikiran Tetap Positif, Ini Tips Jaga Kesehatan Mental selama di Rumah

Kegiatan untuk menjaga kesehatan mental di rumah. Foto: Shutterstock

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental pun tidak kalah pentingnya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, aktivitas yang serba terbatas ditambah ancaman virus corona yang bisa datang kapan saja membuat kita rentan stres.

Dilansir American Psychological Association, saat seseorang mengalami stres kronis atau depresi, sel limfosit-T (Sel T) akan lebih lemah merespons patogen yang masuk ke tubuh. Padahal, Sel T yang termasuk ke dalam kelompok sel darah putih ini memainkan peran utama dalam ketahanan imun tubuh.

Selalu berpikir positif menjadi salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi. Tapi bila sudah telanjur penat, tidak ada salahnya mengambil rehat sejenak dan melakukan beberapa kegiatan ini untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Apa saja?

1. Dekorasi ulang rumah

Dekorasi ulang kamar atau ruang kerja untuk mendapatkan suasana baru yang lebih segar. Foto: Shutterstock

Rasa bosan di rumah aja bisa kita siasati dengan menata ulang rumah agar suasananya lebih baru dan segar. Misalnya dengan mengganti warna cat, menggeser posisi sofa dan kasur, atau menambah dekorasi yang membuat rumah terlihat lebih estetik.

Kamu juga bisa menata kembali kamar dan ruang kerja agar lebih semangat saat work from home. Tata tanaman kecil di meja kerja untuk menambah aksen warna yang lebih segar, tata stationery sesuai jenisnya, dan pasang hiasan berisi kata-kata motivasi di dinding.

2. Rehat sejenak sambil menghirup aromaterapi

Aromaterapi akan membuat badan lebih rileks. Foto: Shutterstock

Menyisihkan uang untuk membeli diffuser dan mengoleksi minyak aromaterapi bisa menjadi investasi yang berguna mengurangi stres akibat rutinitas harian yang padat. Ya, uap dari minyak aromaterapi dipercaya dapat membantu badan lebih rileks, bahkan membantu penyembuhan saat kondisi tubuh tidak prima.

Apalagi ada banyak pilihan minyak aromaterapi yang bisa kamu pilih, mulai dari aroma menyegarkan buah dan bunga-bungaan, atau rempah-rempah yang menenangkan. Mana favoritmu?

3. Binge watching film atau series favorit

Menonton film favorit bersama keluarga. Foto: Shutterstock

Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan di rumah, salah satunya binge watching series atau film favorit untuk mengisi waktu bersantai. Agar suasana semakin mirip di bioskop, matikan lampu dan siapkan beberapa camilan yang bisa disantap sambil menonton.

Lebih memuaskan lagi bila kamu menontonnya dengan smart TV yang bisa disambungkan ke aplikasi streaming sehingga lebih leluasa memilih jenis filmnya. Jangan lupa gunakan sound system agar suara yang dikeluarkan lebih menggelegar.

4. Ikut kelas online

Mengikuti berbagai kelas online agar tetap produktif selama di rumah aja. Foto: Shutterstock

Meski di rumah aja, bukan berarti kita hanya bisa bermalas-malasan saja. Agar tetap produktif, tidak ada salahnya ikut kelas online sesuai dengan minat kamu. Apalagi kini sudah banyak lembaga menyediakan kelas online yang mudah diakses, baik yang berbayar maupun gratis.

Mulai dari kelas memasak, pengembangan diri, hingga kelas olahraga yang dibawakan langsung oleh pakarnya. Tanpa perlu keluar rumah, kamu hanya perlu menyiapkan perlengkapan seperti baju olahraga, matras, atau sport smart watch yang akan membantumu memantau kondisi tubuh saat berolahraga.

5. Jaga rumah tetap bersih

Rumah yang bersih akan membawa dampak baik bagi kesehatan fisik dan psikis. Foto: Shutterstock

Selain kotor dan rentan masuknya kuman hingga virus, rumah yang kotor juga bisa membuat kita stres dan tidak bisa berpikir jernih saat bekerja. Karenanya, jaga kebersihan rumah termasuk perabotan yang sering tersentuh, mulai dari gagang pintu, jendela, hingga kolong sofa.

Gunakan pembersih yang mengandung disinfektan untuk mengelap perabot rumah, lalu vacuum cleaner yang bisa membersihkan sofa dan ranjang hingga ke sudut-sudut yang sulit terjamah. Kamu juga bisa memasang air purifier di rumah yang berguna menjaga kualitas udara tetap bersih dan segar.

Nah, berbagai kebutuhan yang kamu perlukan selama di rumah, semua ada di Lazada. Apalagi kamu juga bisa mendapatkan harga menarik untuk berbagai keperluan selama di rumah aja karena ada Lazada 7.7 Mid Year Sale 1 hingga 9 Juli 2021.

Lazada 7.7 Mid Year Sale, mulai 1-9 Juli 2021. Foto: kumparan

Mulai dari perlengkapan memasak, perangkat untuk memaksimalkan hobi nonton di rumah, hingga perangkat elektronik yang dapat membantu menjaga kebersihan rumah. Kamu bisa dapatkan di Lazada dengan promo Diskon Hype hingga 77 persen, Bonus Dadakan sampai dengan Rp 500 Ribu yang bisa kamu kumpulkan setiap hari dan Gratis Ongkir Se-Indonesia!

Jangan lupa juga klaim voucher diskon yang bikin belanja kamu makin hemat, ikuti flash sale serba Rp 7 ribu dan Rp 77 ribu saja, serta Brand Mega Offer dengan diskon hingga 99 persen.

Yuk, buka aplikasi Lazada dan segera pilih barang impian kamu!

Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Lazada

Comments are closed.