Piala Thomas: Jonatan Christie Tumbang dari Tunggal India, Indonesia Gagal Juara

Ekspresi Jonatan Christie usai mengalahkan lawannya pebulu tangkis tunggal putra Cina Li Shi Feng dalam pertandingan babak perempat final Piala Thomas 2022. Foto: M Risyal Hidayat/Antara Foto

Jonatan Christie gagal meraih kemenangan atas wakil India di partai ketiga final Piala Thomas 2022. Melawan Kidambi Srikanth di Impact Arena, Minggu (15/5) sore WIB, Jonatan kalah dua gim dengan skor 15-21 dan 21-23.

Kekalahan ini membuat India keluar sebagai juara dengan usai menumpaskan Indonesia 3-0. Ini merupakan gelar Piala Thomas perdana untuk India dalam sejarah keikutsertaanya di turnamen beregu putra itu. Kekalahan ini juga membuat Indonesia gagal mempertahankan gelar juaranya.

Jalannya Partai Jonatan Christie vs Wakil India

Srikanth Kidambi tampil agresif sejak awal gim pertama. Pebulu tangkis India nomor 11 dunia itu sudah unggul 2-6 usai pengembalian Jonatan Christie menyangkut di net.

Jonatan tertinggal jauh. Sergapan Kidambi di depan net membuat skor menjadi 2-8. Jarak coba diperkecil oleh Jonatan, pengembalian Kidambi yang melebar membuat kedudukan 5-8.

Kini perbedaan poin hanya satu angka saja. Hal itu berkat pengembalian Kidambi yang menyangkut di net. Jonatan bahkan bisa membuat skor imbang usai smashnya gagal dikembalikan Kidambi. Skor 8-8.

Kidambi bisa unggul 8-9, tetapi Jonatan kembali bisa menyamakan angka usai pukulan wakil India itu terlalu jauh. Kidambi bisa memimpin di interval usai pengembalian Jonatan menyangkut di net. Skor 9-11.

Lepas interval, Kidambi bisa menjaga jaraknya dengan baik. Pukulan kerasnya gagal dikembalikan Jonatan membuat skor menjadi 10-14. Jonatan coba memperkecil keadaan. Pukulan Kidambi yang melebar membuat skor menjadi 13-15. Jonatan bahkan bisa menyamakan kedudukan usai pukulan Kidambi menyangkut di net. Skor menjadi 15-15.

Kidambi berhasil melaju ke final Indonesia Open. Foto: kumparan/Bergas Agung

Kidambi bisa menjauh dari kejaran Jonatan. Kesalahan pengamatan dari Jonatan membuat skor 15-18.

Gim pertama dimenangi oleh Kidambi. Pengembalian Jonatan yang menyangkut di net membuat skor menjadi 15-21.

Skor ketat kembali terjadi di awal-awal gim kedua. Smash keras Kidambi membuat skor menjadi 1-2. Namun, Jonatan bisa membuat skor imbang usai sergapan di depan net gagal dikembalikan lawan.

Jonatan kini memimpin dengan skor 4-3. Penyebabnya, smash keras dari Kidambi terlalu melebar. Kembali, pengembalian dari Kidambi yang melebar membuat keadaan menjadi 5-3.

Kidambi bisa membuat skor 5-5. Smash kerasnya ke arah badan Jonatan gagal dikembalikan dengan baik.

Skor menjadi ketat. Jonatan yang tertinggal 5-6 bisa menyamakan kedudukan usai drop shot silangnya gagal dikembalikan Kidambi.

Kidambi kembali unggul dengan skor 7-8. Sergapan Jonatan di depan net busa dikembalikan Kidambi. Bahkan, wakil India itu bisa unggul di interval usai smash kerasnya gagal dikembalikan Jonatan. Skor menjadi 8-11.

Jonatan coba memperkecil keadaan usai interval. Pengembalian Kidambi yang melebar menjadikan skor 12-13. Kesalahan dari Kidambi juga membuat Jonatan menyamakan skor 13-13.

Jonatan berbalik unggul. Pengembalian Kidambi yang melebar membuat Jonatan memimpin 15-13. Sayangnya, Kidambi bisa memperkecil jarak. Pengembalian Jonatan menyangkut di net smembuat skor 16-15.

Kesalahan dilakukan Kidambi menguntungkan Jonatan. Skor menjadi 17-15. Jonatan kembali melebarkan jarak usai Kidambi kembali gagal mengembalikan shuttlecock dengan sempurna. Skor menjadi 18-16.

Namun, skor kembali imbang. Smash Jonatan menyangkut di net sehingga skor 18-18. Kidambi bisa unggul usai smashnya gagal dikembalikan Jonatan. Skor menjadi 18-19.

Jonatan bisa memperpanjang napas usai pukulannya gagal dikembalikan Kidambi. Kedudukan kini 19-19. Drop shot yang apik dari Jonatan membuat skor 20-19.

Namun, Kidambi bisa memaksa gim kedua berlanjut ke deuce usai penempatannya gagal diantisipasi Jonatan.

Tunggal nomor dua Indonesia itu bisa memimpin dengan skor 21-20. Akan tetapi, Kidambi bisa membuat skor sama. Bahkan, Kidambi menang usai smashnya gagal dikembalikan Jonatan. Skor menjadi 21-23.

Comments are closed.