Piala Thomas: Ahsan/Kevin Tumbang dari Ganda India, Indonesia Tertinggal 0-2

Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan ganda putra Cina Liu Yu Chen dan Ou Xuan Yi di babak perempat final Piala Thomas 2022 di Thailand, Kamis (12/5/2022). Foto: M Risyal Hidayat/Antara Foto

Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya gagal membuat Indonesia menyamakan kedudukan di final Piala Thomas 2022. Bermain melawan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di Impact Arena, Minggu (15/6) siang WIB, Ahsan/Kevin kalah tiga gim dengan skor 21-18, 21-13, dan 19-21. Kekalahan ini membuat Indonesia semakin tertinggal dengan skor 0-2.

Jalannya Partai Ahsan/Kevin vs Ganda India

Pertarungan ketat terjadi di gim pertama pertarungan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya melawan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Ahsan/Kevin yang tertinggal 1-2, bisa menyamakan kedudukan dengan skor 2-2.

Namun, Rankireddy/Shetty bisa menjauh dengan skor 2-4. Sebuah pengembalian Rankireddy ke daerah kosong membuat kedudukan kini 3-5.

Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan ganda putra Cina Liu Yu Chen dan Ou Xuan Yi di babak perempat final Piala Thomas 2022 di Thailand, Kamis (12/5/2022). Foto: M Risyal Hidayat/Antara Foto

Jarak bisa dijaga dengan baik oleh Rankireddy/Shetty. Pengembalian Kevin yang menyangkut di net membuat skor menjadi 4-6. Ahsan/Kevin bisa menyamakan kedudukan usai sergapan Kevin gagal dikembalikan.

Bahkan, Ahsan/Kevin berbalik unggul usai pengembalian Shetty menyangkut di net. Skor menjadi 7-6. Kini giliran pengembalian Rankireddy yang menyangkut di net sehingga kedudukan 8-7.

Pertahanan bagus dari Ahsan bisa mengembalikan poin untuk pasangan Indonesia. Skor menjadi 9-8. Smash keras Rankireddy menyangkut di net membuat Ahsan/Kevin memimpin di interval dengan skor 11-9.

Usai interval, Ahsan/Kevin bisa menjaga jaraknya dengan baik. Smash keras Ahsan menjadikan angka 12-10. Shetty gagal mengembalikan shuttlecock dengan baik sehingga Ahsan/Kevin menjauh 13-10.

Sebuah pengamatan yang buruk dari Shetty menambah angka untuk Ahsan/Kevin menjadi 15-10. Lagi-lagi Shetty melakukan kesalahan membuat Ahsan/Kevin unggul 16-10.

Pasangan India coba memperkecil kedudukan. Pengembalian yang buruk dari Kevin membuat skor 18-13. Pengamatan yang salah dari Ahsan usai rally yang cukup panjang juga menjadikan skor 18-14.

Jarak semakin dekat. Kali ini Kevin yang tak sempurna mengembalikan shuttlecock sehingga skor 18-15. Smash Kevin melebar sehingga angka bertambah untuk pasangan india 19-17.

Untungnya, gim pertama bisa dimenangi oleh Ahsan/Kevin. Penempatan shuttlecock yang apik dari Kevin membuat skor menjadi 21-18.

Ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Foto: Mikael Ropars/Badmintonphoto/BWF

Pada gim kedua, Rankireddy/Shetty tampil lebih agresif. Serangan yang bertubi-tubi membuat wakil India bisa memimpin 1-3. Smash keras dari Shetty menjadikan skor 2-4.

Sergapan Rankireddy di depan net menambah angka untuk pasangan India. Kini, Ahsan/Kevin tertinggal 4-6. Pengembalian Ahsan yang menyangkut di net juga membuat skor menjadi 4-7.

Pasangan India semakin menjauh. Pengembalian Ahsan yang melebar membuat skor menjadi 6-10. Bahkan, Rankireddy/Shetty bisa unggul di interval usai pengamatan yang salah dari Kevin sehingga skor 6-11.

Usai interval, Ahsan/Kevin coba memperpendek jarak. Pukulan Ahsan di depan net gagal dikembalikan wakil India sehingga skor 9-12.

Kegagalan Shetty mengembalikan shuttlecock membuat skor menjadi 10-12. Rankireddy/Shetty bisa kembali memperlebar jarak. Pengembalian Kevin menyangkut di net sehingga kedudukan 11-13.

Ahsan/Kevin bisa berbalik unggul. Kesalahan dari Rankireddy membuat skor menjadi 16-14. Namun, pasangan India bisa memperkecil keadaan.

Kegagalan Kevin mengembalikan shuttlecock membuat kedudukan kini 19-16. Jarak semakin dekat usai pengembalian Ahsan menyangkut di net. Skor menjadi 20-19. Bahkan, gim kedua harus dilalui dengan deuce usai pengembalian Kevin gagal.

Rankireddy/Shetty bisa membuat partai berlanjut ke gim ketiga. Smash keras Rankireddy di depan net membuat skor menjadi 21-23.

Kejar-kejaran skor terjadi di awal gim ketiga. Ahsan/Kevin sempat unggul 2-1, tetapi bisa dibalikkan menjadi 2-4. Ahsan/Kevin bisa memperkecil jarak usai Shetty tak sempurna mengembalikan shuttlecock. Kini skor 4-5.

Namun, ganda India kembali menjauh. Pengembalian Ahsan melebar sehingga kedudukan 4-6. Skor bisa disamakan oleh Ahsan/Kevin. Smash keras Ahsan gagal dikembalikan sehingga angka menjadi 6-6.

Ahsan/Kevin kembali tertinggal. Smash keras dari Shetty gagal dikembalikan Kevin sehingga skor 6-8.

Pasangan India terus menjauh. Kali ini, Kevin gagal menjangkau shuttlecock di depan net membuat angka menjadi 7-10. Rankireddy/Shetty bisa unggul di interval usai pengembalian Kevin melebar. Skor menjadi 9-11.

Usai interval, Ahsan/Kevin bisa memperbaiki penampilan. Mereka bisa menyamakan skor usai smash Rankireddy menyangkut di net. Kemudian, smash keras dari Kevin dan Ahsan secara bergantian menambah angka pasangan Indonesia itu menjadi 13-11.

Rankireddy/Shetty coba memperkecil jarak. Penempatan yang apik dari Rankireddy membuat skor menjadi 15-13.

Smash keras Ahsan di depan net gagal dikembalikan lawan. Skor menjadi 16-13. Pasangan India mendekat, pukulan keras Rankireddy mengarah ke badan Ahsan sehingga tak bisa dikembalikan. Kedudukan 16-15.

Kesalahan Ahsan di depan net kembali menambah angka untuk India. Skor menjadi 16-16. Skor ketat tersaji di poin-poin kritis. Ahsan/Kevin bsia memimpin 17-16, tetapi bisa disamakan.

Ahsan/Kevin bisa memimpin 18-17, tetapi pengamatan yang salah dari Kevin membuat skor kembali imbang. Pasangan India bisa menjauh usai pengembalian Kevin menyangkut di net. Skor kini 18-20.

Jarak bisa kembali tipis usai smash keras Ahsan gagal menusuk masuk ke daerah pasangan India membuat angka 19-20. Namun, Rankireddy bisa memenagi pertandingan usai smash Shetty gagal dikembalikan Ahsan/Kevin. Skor menjadi 19-21.

Comments are closed.