Petugas TPU di Tangerang: Sehari Kuburkan Puluhan Jenazah COVID-19 sampai Antre

TPU Selapajang Kota Tangerang. Foto: Dok. Istimewa

Kasus corona di Kota Tangerang terus meningkat. Angka kematian pun juga mengalami tren yang sama. Bahkan petugas di TPU Selapajang, Kota Tangerang bisa memakamkan jenazah 20 hingga 30 pasien corona setiap harinya.

Petugas TPU Selapajang, Rudi, mengatakan peningkatan jenazah pasien COVID-19 itu terjadi sejak Sabtu (26/6). Bahkan dalam proses pemakaman, jenazah pun harus mengantre.

“Iya meningkat, ambulans jenazah pun sekarang harus ngantre. Kita itu kasih jarak, pemakaman satu jenazah dengan jenazah lainnya, yakni minimal sejam,” kata Rudi, Selasa, (6/7).

Ia menambahkan petugas pemakaman disiagakan di TPU tersebut. Sebanyak enam orang berjaga dalam masing-masing tim.

“Kita ada empat tim, bisa gantian jadi nggak capek. Buat APD juga kita ada terus, selalu pakai,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan bila pihaknya pun mengaktifkan 24 jam layanan pemakaman jenazah COVID-19 di TPU itu.

TPU Selapajang Kota Tangerang. Foto: Dok. Istimewa

“Dari petugas kita dengar, ada yang sampai jam 1 dini hari masih dilakukan pemakaman, makanya kita juga aktifkan 24 jam layanan karena jangan sampai jenazah nunggu lama,” ujar Arief.

Lalu, pihaknya juga memasang tiga tenda khusus antrean jenazah yang akan segera dimakamkan. “Tenda tiga unit kita pasang, untuk jenazah yang akan segera dimakamkan, jadi mobil ambulans tidak mengular panjang,” ungkapnya.

Dalam bulan Juni 2021, sebanyak 320 pasien corona yang meninggal dimakamkan di TPU Selapajang. Sementara itu, total jenazah pasien corona pada Januari-April 2021 hanya 200.

Comments are closed.