Petugas Kewalahan, RSUD Brebes Butuh Relawan Pemulasaraan Jenazah Segera

Petugas pemulasaran jenazah COVID-19 di RSUD Brebes. (Foto: Fajar Eko Nugroho/PanturaPost)

BREBES – Petugas pemulasaraan jenazah COVID-19 di RSUD Brebes saat ini masih kewalahan. Padahal, Pemkab Brebes sebelumnya berencana merekrut relawan tim Pemakaman COVID-19. Namun, hingga hari ini belum terealiasi.

“Berdasarkan data yang kami himpun, sejak tanggal 1 Juli hingga hari Rabu (7/7) pukul 12.00 WIB jumlah ada 68 jenazah COVID-19. Kami cukup kewalahan. Kemarin Selasa saja sampai 14 jenazah,” kata Kepala Ruang Pemulasaraan Jenazah RSUD Brebes M Taufik, Rabu (7/7/2021).

Ia menambahkan, tak hanya memandikan, mengafani, dan memasukkan peti jenazah, tugas tim pemulasaraan juga harus mengantarkan jenazah dan melakukan proses pemakaman.

Padahal, keterbatasan tenaga dan armada ambulans cukup membuat petugas kerepotan. Apalagi jika pasien per hari banyak.

“Sampai sekarang belum ada relawan pengantar jenazah ke pemakaman. Kami di sini tinggal 4 orang. Jelas kewalahan jika per hari ada sampai lebih dari 10 jenazah. Dua rekan kami juga isoman karena terpapar Corona,” beber dia.

Bahkan, janji Pemkab akan menerjunkan relawan BPBD untuk membantu mengantar jenasah COVID-19 juga belum dilakukan.

“Relawan dari BPBD juga belum ada untuk tugas pengantaran dan pemakaman jenazah. Kami sangat mengharapkan adanya relawan,” pungkasnya. (*)

Comments are closed.