Permainan Lucu untuk Anak, Seru dan Bisa Membuat Si Kecil Tertawa

Ilustrasi mainan anak boneka jari. Foto: Shutter Stock

Pepatah mengatakan bahwa bermain adalah dunia anak. Ya, itu memang benar adanya, Moms.

Anak-anak akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain. Sebab, lewat sebuah permainan, anak mendapatkan banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Mulai dari meningkatkan keterampilan sosial, motorik, kognitif atau daya pikir, hingga kemampuan bahasa si kecil pun juga terasah.

Yang tak kalah penting, mengajak anak bermain dapat menciptakan bonding antara Anda dan anak. Selain itu, permainan yang seru tentu bisa menghibur si kecil.

Nah Moms, sebagai referensi, berikut adalah beberapa permainan lucu, seru, sekaligus bisa membuat si kecil tertawa! Apa saja?

Permainan Lucu, Seru, dan Bisa Membuat Anak Tertawa

1. Menghias Telur

Permainan Lucu untuk Anak, Seru dan Bisa Membuat Si Kecil Tertawa Foto: Shutter Stock

Tak hanya identik saat perayaan paskah, menghias telur juga bisa jadi salah satu permainan yang Anda lakukan bersama anak. Anda hanya perlu menyiapkan telur, cangkir telur, dan pulpen felt-tip atau spidol.

Caranya:

-Rebus beberapa telur selama beberapa menit. Angkat dan biarkan cangkang atau kulit telurnya jangan dikupas.

2. Setelah dibiarkan dingin, biarkan anak menggambar di atas media telur itu. Biarkan si kecil menggambar sesukanya. Agar permainan semakin seru, beri durasi saat Anda dan anak menghias telur, misalnya menghias hanya boleh dilakukan selama 10 menit.

3. Setelah selesai menggambar atau menghias telur, taruh telur tersebut di atas cangkir telur.

4. Jangan lupa untuk abadikan alias potret dulu karya si kecil! Lalu, barulah makan telur tersebut.

Anda juga bisa mengajak anak bermain peran setelah selesai menghias telur. Ya, mintalah anak berperan menjadi karakter telur yang ia buat, begitu pula dengan Anda. Hal ini biasanya membuat banyak anak senang dan tertawa, Moms.

2. Boneka Jari

Ilustrasi mainan anak boneka jari. Foto: Shutter Stock

Anda bisa berkreasi dengan boneka jari, menjadi aneka karakter, Moms. Mulai binatang sampai aneka tokoh kartun kesayangan anak. Jika tak ada boneka jari jadi, Anda bisa memanfaatkan kain bekas untuk dibentuk dan dihias seperti boneka jari.

Ceritakanlah sebuah cerita lucu sambil bermain boneka jari. Biasanya anak suka karena merasa terhibur, Moms.

3. Buat Ekspresi Wajah Binatang yang Lucu

Anda bisa menirukan wajah sebuah binatang dan gerak tubuhnya. Misalnya saja, saat Anda menirukan binatang monyet makan pisang, pastikan Anda membuat mimik wajah yang mirip dan tak masalah bila harus sedikit konyol. Kemudian, mintalah anak untuk menebak jenis hewan apakah itu. Hal ini biasanya akan membuat si kecil tertawa.

Comments are closed.