Permainan Anak Bayi yang Mudah, Seru dan Bisa Jadi Stimulasi

Bayi bermain di play gym. Foto: Shutter Stock

Anak perlu diajak bermain sejak dini, bahkan sejak si kecil masih bayi, Moms. Ya, selain menyenangkan, bermain juga bisa menstimulasi perkembangan si kecil.

Mengajak bayi bermain juga dapat meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak, terutama ibu. Dilansir Raising Children, bermain adalah cara utama bayi untuk berkembang, belajar, dan menjelajahi dunianya. Dengan bermain, imajinasi bayi berkembang karena bereksperimen dengan suara, pemandangan, objek, dan aktivitas baru yang menyenangkan.

Tak perlu bingung untuk mengajak bayi bermain, sebab, banyak permainan sederhana yang bisa dilakukan bersama si kecil di rumah. Berikut ini kumparanMOM akan memberikan rekomendasi permainan sederhana yang seru dan bisa jadi stimulasi bayi.

5 Permainan Sederhana untuk Bayi yang Bisa Jadi Stimulasi

1. Cilukba

Bermain cilukba dengan bayi. Foto: Shutter Stock

Cilukba tentu menjadi permainan yang mudah tapi menyenangkan untuk semua bayi. Anda bisa memanfaatkan kain, selimut, atau handuk si kecil untuk bermain cilukba dengannya. Selain itu, cobalah untuk mendudukkan si kecil di depan cermin dan biarkan ia mengamati dirinya sendiri dan bermain cilukba dengan cermin di depannya.

2. Buku cerita

Ilustrasi membacakan buku cerita untuk bayi. Foto: Shutter Stock

Bercerita juga dapat mengasah tingkat imajinasi bayi lho, Moms. Cobalah untuk membacakan buku cerita pada bayi dan ajak ia berbicara tentang apa yang dilihatnya di dalam buku. Berita tahu dia tentang warna, nama hewan, benda dan tumbuhan yang ada di dalam buku.

3. Bernyanyi

Ilustrasi bernyanyi bersama bayi. Foto: Shutterstock

Bernyanyi menjadi salah satu aktivitas menarik untuk bayi. Ya, hampir semua bayi menyukai suara musik yang riang. Ajaklah si kecil menyanyikan lagu anak-anak untuk membantu perkembangannya. Agar lebih menarik, Anda bisa menggunakan benda-benda di rumah sebagai alat musik, seperti botol atau alat makan bayi yang bisa menghasilkan suara.

4. Kotak harta karun

Mainan dari kardus untuk anak. Foto: Shutterstock

Permainan kotak harta karun ini akan membuat bayi belajar mengenal tekstur. Letakkan bayi di dalam box besar, misalnya dari kardus bekas yang telah dipenuhi dengan mainannya atau benda sehari-hari. Biarkan bayi menjelajahi kotak harta karunnya dengan menyentuh semua benda di dalamnya.

5. Permainan kotor

Ilustrasi balita bermain sensory bin.
Foto: Shutter Stock

Tidak ada salahnya untuk membiarkan anak bermain kotor sejak masih bayi. Biarkan anak mengenal tekstur dan warna dengan bermain menggunakan pasir, lumpur, tanah liat, playdough dan cat. Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa bahan-bahan tersebut tidak beracun, sehingga membahayakan si kecil ya, Moms.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

Comments are closed.