Permainan Anak 1 Tahun yang Paling Bagus dan Bermanfaat

Permainan Anak 1 Tahun yang Paling Bagus dan Bermanfaat Foto: Shutter Stock

Di usia satu tahun, anak akan memiliki rasa ingin tahu yang semakin tinggi dari hari ke hari. Sehingga, Anda harus mendorong rasa ingin tahunya dengan memberikan permainan yang bagus dan bermanfaat, Moms.

Ya, dengan memberikan permainan yang bagus dan bermanfaat, Anda bisa mendorong pertumbuhan fisik, mental, dan emosional si kecil. Selain itu, orang tua juga perlu terlibat saat anak bermain. Supaya Anda dan si kecil dapat meningkatkan ikatan satu sama lain.

Lantas, permainan apa yang cocok dimainkan oleh anak satu tahun? Berikut penjelasannya.

Penjelasan soal Permainan Anak 1 Tahun yang Paling Bagus dan Bermanfaat

1. Mainan Susun

Anak menyusun balok mainan Foto: Pixabay

Menurut Sarah Cleveland, Direktur Pusat Penitipan Anak di Austin, Texas, anak satu tahun harus diberikan mainan yang terbuka. Mainan tersebut seperti balok dan cangkir susun yang dapat dimainkan dengan lebih dari satu cara.

“Permainan untuk anak-anak satu tahun juga berfokus pada eksplorasi sensorik dan perkembangan motorik. Jadi, berilah mainan dengan tekstur berbeda yang mengundang tangan dan mulutnya untuk meraih dan menyelidiki,” jelas Cleveland seperti dikutip dari New York Times.

2. Mainan dengan Warna-warna Cerah

Ilustrasi permainan anak 1 tahun. Foto: Shutter Stock

Saat penglihatan anak berkembang, si kecil dapat membedakan warna-warna cerah dengan lebih mudah daripada warna-warna kusam atau pastel, Moms. Jadi, anak umumnya lebih suka bermain dan belajar dari mainan berwarna cerah seperti truk pemadam kebakaran yang berwarna merah terang, atau satu set cangkir susun pelangi.

3. Mainan yang Mendorong Koordinasi

Anak Bermain Blok. Foto: Shutter Stock

Di usia satu tahun, anak ingin mulai menguasai semua hal, jadi ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengisi ruang bermain dengan mainan yang meningkatkan perkembangan dan koordinasi motorik halus dan kasar.

Mainan itu seperti shape sorter, yang sangat cocok untuk tangan mungilnya. Dengan demikian, anak dapat mengembangkan ketangkasan dan pikirannya untuk belajar memecahkan masalah.

4. Mainan yang Membuat Anak Bergerak

Ilustrasi permainan anak 1 tahun. Foto: Shutter Stock

Mengutip Baby List, mainan yang dapat didorong atau ditarik bayi dengan tali, dapat mendorong mobilitasnya. Ini sangat penting bagi anak berusia satu tahun yang baru mulai berjalan. Permainan ini juga dapat menjadi latihan yang sempurna, apalagi jika ia dapat bergerak bersama dengan mainan kesayangannya!

5. Mainan yang Dapat Memperkenalkan Berbagi dan Permainan Paralel

Ilustrasi permainan anak 1 tahun. Foto: Shutter Stock

Anak berusia satu tahun belum benar-benar bisa bermain bersama teman-temannya, sebab si kecil cenderung lebih suka bermain sendiri walaupun ada anak lain di dekatnya. Sehingga, dengan memberikan permainan paralel seperti boneka, anak akan mengembangkan rasa sosialnya. Juga, dengan memiliki mainan yang banyak seperti playset besar atau beberapa mobil mainan, juga akan membantu si kecil bersosialisasi.

Comments are closed.