Peralatan MPASI dari Bahan Silikon, Aman Enggak Ya untuk Bayi?

Peralatan Makan Bayi dari Silikon. Foto: Shutterstock

Saat bayi akan memasuki usia 6 bulan, para ibu biasanya sangat semangat menyiapkan segala peralatan makan si kecil. Salah satu yang perlu menjadi catatan adalah, jangan lupa untuk memilih peralatan MPASI dari bahan yang aman, supaya tidak menimbulkan efek samping pada si kecil.

Ya Moms, silikon menjadi salah satu bahan populer yang digunakan untuk peralatan MPASI bayi, seperti sendok, garpu, piring, mangkok, gelas, sedotan, hingga celemek. Warna dan bentuknya juga lucu-lucu, jadi tak heran jika banyak ibu yang tertarik membelinya.

Namun, apakah bahan silikon benar aman digunakan untuk peralatan MPASI bayi? Untuk mengetahui jawabannya, berikut kumparanMOM berikan penjelasannya.

Penjelasan soal Keamanan Silikon untuk Peralatan MPASI Bayi

Peralatan Makan Bayi dari Silikon. Foto: Shutterstock

Meskipun tidak 100 persen alami seperti karet, silikon yang berstatus food grade adalah polimer tidak beracun yang sebagian besar terbuat dari silika atau pasir. Silikon ini dapat menahan panas dan pembekuan tanpa melepas gas dan bahan kimia berbahaya.

Mengutip Forbes, silikon juga tahan bau dan noda, hypoallergenic, dan karena permukaannya halus, jadi peralatan MPASI dari silikon bisa lebih mudah dibersihkan. Dengan beberapa alasan tersebut, silikon bisa digunakan untuk peralatan MPASI bayi yang ramah lingkungan dan tidak beracun.

Namun sebelum membeli peralatan MPASI yang berbahan silikon, pastikan bahwa silikon yang digunakan sudah food grade 100 persen. Sebab, tidak semua silikon dibuat sama, pada barang yang lebih murah, mungkin silikon mengandung bahan pengisi yang berbahaya bagi bayi.

Jadi tak heran jika beberapa peralatan MPASI berbahan silikon memiliki harga yang jauh lebih mahal dari peralatan MPASI berbahan plastik. Apalagi, silikon lebih fleksibel, bobotnya lebih ringan, tidak bisa pecah, beberapa di antaranya juga memiliki kemampuan suction, sehingga tidak akan tumpah saat digunakan bayi.

Peralatan Makan Bayi dari Silikon. Foto: Shutterstock

Ada beberapa cara untuk membedakan apakah peralatan MPASI si kecil menggunakan silikon berkualitas tinggi atau tidak. Salah satunya dengan memeriksa label atau deskripsinya dan pastikan tidak mengandung D4, D5, dan D6, ini merupakan produk yang tidak aman.

Dalam label juga harus menyatakan tidak ada bahan kimia tambahan atau bebas BPA. Jika peralatan MPASI si kecil yang berbahan silikon tidak memiliki label, Anda dapat mengukur kualitas silikon melalui bau dan perubahan warna.

Mengutip Wawita Baby Products, indikator utama produk silikon bermutu rendah adalah baunya, jika baunya kuat secara artifisial dan kimiawi, maka peralatan MPASI si kecil berkualitas rendah.

Kemudian, bisa dengan tes cubit dan pelintir, silikon murni tidak berubah warna saat dipelintir, jadi jika terlihat ada warna putih, peralatan MPASI si kecil bisa jadi menggunakan silikon berkualitas rendah, Moms.

Comments are closed.