Penyebab yang Bikin AC Mobil Bau Tak Sedap dan Solusinya

Kisi-kisi AC pada dashboard MG ZS Foto: dok. MG Motor Indonesia

Setiap kabin mobil memiliki ciri khas aroma yang berbeda-beda, terutama ketika pertama kali masuk ke dalam mobil. Ada beberapa yang masih menunjukkan wangi mobil baru, ada juga yang dikarenakan oleh pewangi, dan yang terakhir adalah bau kurang sedap atau bau apek.

Tentu saja kita pernah sekali atau dua kali menemukan kabin mobil dengan bau yang kurang sedap itu, entah itu pada mobil kerabat, pada taksi atau taksi online, atau bahkan mobil sendiri.

Penyebab bau tidak sedap di mobil

Menurut Amat sebagai Asisten Kepala Bengkel Victory, salah satu penyebab bau apek pada mobil terletak di filter kabin mobil yang kotor.

“Penyebab bau apek itu karena beberapa hal, pertama mungkin filter kabin yang kotor, itu kan tersedot dari lantai, jadi tergantung interior kita juga,” terang Amat ketika ditemui oleh kumparanOTO di kawasan Jakarta Barat, Selasa (10/5).

Ilustrasi makan di mobil Foto: Shutter Stock

Tak hanya itu saja, Amat juga menyoroti kebiasaan pemilik mobil yang meletakkan kaos kaki atau sepatu di kabin mobil. Hal tersebut menjadi salah satu sumber kabin mobil mengeluarkan bau yang tak sedap.

Lalu, kebiasaan menyimpan makanan dan makan di mobil juga menjadi penyebab selanjutnya. Menurutnya, meski sang pemilik tidak mencium bau tersebut lantaran sudah terbiasa, namun yang bagi baru masuk ke kabin mobil bisa langsung mencium bau tersebut.

“Perhatikan juga pemakaian pengharum, biasanya yang terlalu menyengat akan lengket di evaporator, jadi setiap mobil dihidupkan akan mengeluarkan bau asam atau sejenisnya,” lanjutnya.

Solusi hilangkan bau tak sedap di kabin

Membersihkan saluran udara AC mobil sendiri. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri

Nah, solusi pertama untuk menghilangkan bau apek, menurut Amat dengan membersihkan filter kabin yang sudah kotor itu. Beberapa cara bisa dilakukan, seperti menggunakan kompresor angin atau jika tidak punya, cukup diketok dan menggunakan kuas.

Namun, apabila masih tidak mempan ia menyarankan untuk mengganti filter kabin tersebut. Langkah lainnya bila masih ada bau apek, yakni dengan mencuci evaporator mobil.

“Kalau masih bau, mau enggak mau harus dibongkar evaporatornya untuk dicuci,” tutur Amat.

Amat juga mengingatkan untuk membiasakan menjaga kebersihan kabin mobil. Sebab, hal-hal kecil seperti karpet, kaos kaki, sandal, sepatu, hingga menyimpan makanan sering menjadi penyebab filter AC kotor dan AC mobil mengeluarkan bau tak sedap.

Comments are closed.