Penyebab Bayi Kerap Menangis saat Naik Pesawat

Penyebab Bayi Kerap Menangis saat Naik Pesawat. Foto: Thinkstock

Apakah Anda berencana mengajak keluarga di liburan naik pesawat dalam waktu dekat, Moms? Bila ya, maka segala hal perlu direncanakan dengan matang, terlebih bila ini adalah kali pertama bayi naik pesawat.

Ya Moms, pengalaman tiap bayi saat naik pesawat memang bisa berbeda-beda. Ada yang menikmati perjalanan, ada pula yang justru rewel atau menangis saat diajak pergi naik pesawat.

Kira-kira, apa ya penyebab bayi menangis saat naik pesawat?

Alasan Bayi Menangis saat Bepergian Naik Pesawat

Alasan Bayi Menangis saat Bepergian Naik Pesawat Foto: Shutter Stock

Moms, menangis memang jadi salah satu cara bayi untuk berkomunikasi. Salah satu penyebab bayi menangis di pesawat biasanya karena ia merasa tidak nyaman dengan lingkungan yang baru ia kenal itu. Berada di sekitar orang-orang asing yang tidak dikenal dan lingkup sempit seperti pesawat membuat si kecil mudah rewel.

Tapi, bukan hanya itu saja yang membuat bayi jadi mudah menangis di pesawat, Moms. Penyebab lainnya adalah karena tekanan udara yang berubah saat pesawat lepas landas bisa membuat bayi tidak nyaman.

“Salah satu alasan bayi menangis di pesawat adalah karena mereka tidak pandai menyamakan tekanan di telinga tengah. Sebab tuba Eustachius infantil bayi tidak berfungsi dengan baik layaknya orang dewasa,” ujar Dr. Simon Baer, konsultan bedah THT di Inggris, dikutip dari LiveScience.

Tuba Eustachius merupakan jaringan yang menghubungkan telinga tengah ke nasofaring–tenggorokan bagian atas dan bagian belakang rongga hidung. Jadi pada dasarnya tuba ini bekerja untuk mengontrol tekanan dalam telinga tengah agar sama seperti di luar tubuh.

Pada orang dewasa, kondisi tuba tersumbat bisa diatasi dengan cara menguap atau menelan, namun itu tentu tidak bisa dilakukan bayi kan, Moms? Lantas bagaimana jika kondisi tersebut dialami oleh bayi?

Bassinet bayi di dalam pesawat. Foto: Shutterstock

Dr. Baer mengatakan ada cara yang bisa membantu telinga bayi agar tidak mengalami kondisi tersebut adalah dengan cara manuver valsalva. Caranya adalah dengan mencubit dan meniup. Anda juga bisa menyusuinya untuk memberikan rasa nyaman saat lepas landas.

“Tiga cara yang dapat membantu bayi mengalami kondisi ini. Salah satunya saat pesawat lepas landas, susui bayi Anda. Susui juga saat pesawat akan mendarat. Dengan begitu, bayi Anda pun akan terhindar dari infeki saluran pernapasan,” ujar Baer.

Selain itu, Anda juga bisa mengalihkan perhatiannya dengan cara membacakan buku, atau mendengarkan musik. Selamat mencoba ya, Moms!

Comments are closed.