Pengertian dan Contoh Paragraf Resensi Sebuah Karya

Ilustrasi pengertian dan contoh paragraf resensi, sumber foto oleh Caio dari Pexels

Resensi adalah sebuah tulisan yang mengulas sebuah karya baik dalam bentuk buku, drama, atau film. Resensi pada dasarnya adalah penilaian penulis terhadap sebuah karya mengenai seperti apa karya tersebut, apa saja kekurangan dan kelebihannya. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai pengertian dan contoh paragraf resensi sebuah karya.

Pengertian Resensi

Ilustrasi pengertian dan contoh paragraf resensi, sumber foto oleh Leah Kelley dari Pexels

Sebelum masih pada contoh resensi kita mulai pembahasan dengan pengertian dari resensi terlebih dahulu. Dikutip dari buku Kiat Mudah Menulis Resensi karya Elisa Permata Sari dkk, (2020: 13) resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang dimaksud disini bisa berupa buku dan karya seni film dan drama. Menulis resensi sendiri biasanya terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.

Resensi buku sendiri memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Agar bisa memberikan sebuah pemahaman dan informasi secara komprehensif kepada suatu masyarakat atau pembaca tentang isi buku yang diresensikan

Mengajak pembaca agar mendiskusikan dan memikirkan lebih jauh tentang apa masalah yang diangkat yang ada di dalam buku tersebut

Agar memberikan suatu pertimbangan kepada pembaca tentang pantas atau tidaknya buku itu untuk dibaca atau diterbitkan

Agar memberikan suatu jawaban mengenai sebuah pertanyaan-pertanyaan dari pembaca ketika buku baru diterbitkan

Memberikan kriteria-kriteria yang jelas dalam mengemukakan pendapatnya.

Contoh Paragraf Resensi

Berikut adalah contoh sebuah resensi dari buku fiksi dengan judul Koala Kumal yang ditulis oleh Raditya Dika.

Judul Buku : Koala Kumal

Penulis : Raditya Dika

Tebal Buku : 250 halaman

Penerbit : Gagas Media

Tahun Terbit: 2015

Ringkasan : Raditya Dika adalah salah satu insan kreatif Indonesia yang karyanya selalu sukses diterima masyarakat. Kesuksesannya berawal dari aktivitas isengnya, yaitu nge-blogging. Tulisan di blognya lalu diadaptasi menjadi sebuah buku fiksi berjudul Kambing Jantan, yang merupakan hasil karya perdana Raditya Dika.

Kelebihan : Menuangkan kisah cinta yang sangat cocok untuk dibaca para remaja. Konsep temanya berbeda dengan buku-buku sebelumnya yang memang selalu sama. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami secara universal. Tata tulisan jauh lebih baik dibanding karya tulis perdananya “Kambing Jantan”.

Kekurangan : Secara menyeluruh kekurangan hanya pada tebal bukunya saja yang lebih tipis dari karya tulis lainnya.

Jadi itu adalah pengertian mengenai resensi buku dan contoh paragraf resensi buku sebuah karya, utamanya adalah karya dalam bentuk buku non fiksi. Semoga ulasan singkat ini dapat lebih memperdalam pemahaman kita mengenai resensi.(WWN)

Comments are closed.