Pemprov Sumsel Dorong Kabupaten Gelumbang Jadi Daerah Otonomi Baru

Peta Sumatera Selatan. (foto: istimewa)

Pemprov Sumsel akan mendorong rencana terbentuknya Kabupaten Gelumbang sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB). Surat resmi pun akan segera dikirimkan ke Mendagri.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan secara langsung akan melayangkan surat rencana DOB itu kepada Mendagri, Tito Karnavian, dan nantinya akan disampaikan oleh Dewan Penasehat Presedium Pemekaran Kabupaten Gelumbang.

“Saya bukan sekedar berada di belakang. Saya mendukung penuh terwujudnya Kabupaten Gelumbang,” katanya, Kamis (1/7).

Menurutnya, pemekaran suatu daerah menjadi DOB ada 2 jalan yang dapat ditempuh. Yakni melalui pintu eksekutif (pemerintah) lalu pintu legislatif (DPR).

Oleh karena itu, Herman Deru berharap adanya kebijakan moratorium pemekaran daerah hanya bersifat filterisasi dan bukan penghentian secara permanen. Mengingat di Sumsel ada sejumlah daerah yang masih memungkinkan untuk dimekarakan.

Seperti di Kabupaten Lahat ada rencana pembentukan DOB Kikim Area, sedangkan Gelumbang yang secara geografis dan demografis cukup memenuhi syarat untuk menjadi DOB berpisah dari kabupaten induknya yakni Muara Enim.

“Kabupaten Muara Enim merupakan kabupaten yang lebih banyak rumpunnya, apalagai daerah Gelumbang ini kalau di lihat dari kacamata potensi memang harusnya sudah dimekarkan sebab teritorial terpisah dengan induknya,” katanya.

“Pemprov Sumsel siap mengawal dan mendanai operasional awal jika Kabupaten Gelumbang resmi menjadi DOB di Sumsel,” katanya.

Sementara itu, Dewan Penasehat Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang, Hanan Zulkarnain, mengatakan rencana pembentukan Kabupaten Gelumbang sudah ada dari beberapa tahun sebelumnya.

Dimana kabupaten ini nantinya terdiri dari 6 kecamatan. Yakni Kecamatan Gelumbang, Lembak, Sungai Rotan, Kelekar, Muara Belida, dan Belida Darat.

“Sejauh ini seluruh persyaratan calon DOB sudah kita penuhi,” katanya. (aab)

Comments are closed.