Pemda DIY: Bansos Tunai Turun Bulan Ini, Langsung Dobel Rp 600 Ribu

Petugas PT Pos Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada warga RW 05 di kawasan Kelurahan Kenari, Senen, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Kementerian Sosial akan memberikan bansos tunai (BST) kepada masyarakat tidak mampu selama penerapan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditargetkan BST turun bulan Juli ini.

Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih mengatakan, BST kini sedang diproses oleh pemerintah pusat. Sebelumnya, BST diberikan pada Januari sampai April. Kini diperpanjang untuk Mei dan Juni.

“Maka ini baru proses untuk revisi anggaran untuk dialihkan ke anggaran BST (Mei-Juni) untuk di bulan Juli ini rencananya untuk diberikan,” kata Endang saat Zoom dengan wartawan, Selasa (6/7).

Besaran BST ini adalah Rp 300 ribu per bulan. Karena bantuan yang akan diserahkan bulan Juli ini adalah bantuan Mei-Juni, maka akan langsung diserahkan dobel atau Rp 600 ribu.

“Jadi perpanjangan di bulan Mei-Juni diberikan di bulan Juli. Iya akan dobel jadi Rp 600 ribu,” ucap Endang.

Jumlah penerima BST yang akan diajukan ke pusat adalah 121.788 orang di empat kabupaten dan satu kota di DIY. Mereka adalah warga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum menerima bantuan seperti PKH maupun bansos Sembako.

“Jadi BST ini memang tidak menerima PKH dan bansos Sembako. Karena ada program PKH dan Sembako,” ujarnya.

Dia berharap data yang diusulkan ke pusat ini bisa diterima penuh. Artinya, kuota yang diberikan dari pusat sama dengan yang diminta dari daerah.

Comments are closed.