Pembangunan Jakarta International Stadium Capai 61,34%

Pengangkatan rangka atap Jakarta International Stadium. Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) telah mencapai 61,34 persen. Selain itu, nantinya akan dibangun juga untuk kawasan olahraga dan fasilitas lain di sekitar stadion.

Project Manager dari Jakarta International Stadium (JIS), Arry Wibowo mengatakan, di dalam Pergub No. 14 Tahun 2019, juga dijelaskan jika pembangunan kawasan olahraga akan terintegrasikan dengan moda transportasi umum.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau kegiatan topping off rangka atap Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/6). Foto: Pemprov DKI Jakarta

“Di dalam Pergub No. 14 Tahun 2019 sendiri, Jakpro juga membangun kawasan yang terintegrasi sarana angkutan umum massal nantinya. Karena nanti akan terhubung moda bertajuk rel seperti KRL dan LRT dan juga transportasi darat seperti Transjakarta,” ujar Arry saat diskusi virtual, Selasa (28/6).

Selain itu, Jakpro, kata dia, akan membangun fasilitas fungsi campuran untuk mendukung dari keberadaan fasilitas olahraga bertaraf internasional.

“Layaknya di stadion-stadion internasional bahwa stadion tersebut dilengkapi fasilitas hospitality, fasilitas retail dan juga fasilitas pendukung lainnya,” ungkap Arry.

Total biaya pembangunan yang sudah ditetapkan sekitar Rp 4,5 triliun. Ini merupakan jumlah dana yang cukup besar dengan skema pendanaan melalui penyertaan modal daerah multiyears dari tahun 2019 sampai 2021.

Saat ini proses pembangunan sudah mencapai tahap akhir dan dalam tahap pengecoran bangunan untuk menghubungkan kedua sisi, baik timur dan barat.

“Ini sudah mulai pekerjaan finishing terutama di arsitektur di sini ada pekerjaan dinding, tangga dan juga lantai sudah mulai kami kerjakan dan juga untuk pekerjaan mekanikal dan elektrikal itu juga sudah dikerjakan,” jelasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab pertanyaan jurnalis usai meninjau proses lifting rangka atap saat pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (16/6). Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta

“Dan paralel kami juga menyelesaikan bagian penghubung ini di sisi timur dan di sisi barat yang fungsinya untuk akses pejalan kaki dari kedua sisi, itu merupakan main akses dari stadion,” tambahnya.

JIS baru saja melakukan lifting pada bagian atap yang nantinya bisa dibuka-tutup. Pekerjaan ini ditargetkan akan rampung pada 5 Juli 2021.

Kemudian seluruh pekerjaan ditargetkan rampung pada Desember 2021 akan dijadwalkan untuk menggelar pertandingan pertama.

Comments are closed.