Patung Putri Diana Resmi Diperlihatkan ke Publik, Begini Detailnya

Pangeran William dan Pangeran Harry berbincang usai peresmian patung Putri Diana di Taman Sunken, Istana Kensington, London, Inggris. Foto: Dominic Lipinski/Pool/REUTERS

Pangeran William dan Pangeran Harry baru saja meresmikan patung Putri Diana di Istana Kensington pada Kamis (1/7). Kakak beradik ini kembali tampil berdua di hadapan publik setelah sebelumnya bertemu di pemakaman Pangeran Philip pada April lalu.

“Hari ini harusnya menjadi ulang tahun ibu kami yang ke-60, kami mengingat cinta, kekuatan, dan karakternya, kualitas yang membuatnya menjadi kekuatan kebaikan di seluruh dunia, mengubah hidup banyak orang menjadi lebih baik. Setiap hari kami berharap ibu masih bersama kami, dan kami berharap patung ini bisa menjadi simbol atas hidup dan warisannya selamanya,” ungkap William dan Harry dalam sebuah pernyataan bersama seperti dikutip dari People.

Pangeran William dan Pangeran Harry membuka tirai saat peresmian patung Putri Diana di Taman Sunken, Istana Kensington, London, Inggris. Foto: Dominic Lipinski/Pool/REUTERS

Terletak di tempat favorit sang putri, yaitu Taman Sunken. Istana Kensington sendiri merupakan tempat tinggal Diana selama 16 tahun setelah menikah dengan Pangeran Charles. Untuk acara peresmian ini, William dan Harry juga merenovasi Taman Sunken.

Mereka memenuhi taman favorit ibunya ini dengan lebih dari 4 ribu bunga. Di antaranya ada 200 bunga mawar, 100 bunga favorit Putri Diana, forget-me-nots, dan 300 bunga tulip dengan tiga varian warna. Selain itu ada juga 500 bunga lavender, 50 tanaman sweet peas, dan 100 bunga dahlia.

Taman Sunken Istana Kensington menjadi lokasi patung Putri Diana. Foto: Henry Nicholls/REUTERS

Patung Putri Diana menggambarkan komitmennya semasa hidup

Patung Putri Diana ini berdiri di pusat taman bersama tiga anak kecil. Ia tampak mengenakan gaun berkerah dengan tambahan belt besar di pinggang. Menurut Istana Kensington, gaya busana ini mengambil referensi dari masa-masa terakhir dalam hidup sang putri. Patung ini juga punya makna yang begitu mendalam karena menggambarkan kegiatan Princess of Wales semasa hidupnya.

Sudah banyak diketahui, Putri Diana mendedikasikan gelarnya sebagai putri kerajaan untuk mendukung anak-anak di seluruh dunia. Menurut Sky News, pihak Istana Kensington menyatakan bahwa kehadiran tiga anak kecil di sekeliling Putri Diana itu menggambarkan kehangatan, keanggunan, dan energi dari sang putri. Patung ini juga merepresentasikan dampak kebaikan Diana yang beragam dan tetap hidup hingga kini.

Pangeran William dan Pangeran Harry melihat patung Putri Diana saat peresmian di Taman Sunken, Istana Kensington, London, Inggris. Foto: Dominic Lipinski/Pool/REUTERS

Di bagian bawah patungnya terdapat ukiran nama Diana ‘Diana the Princess of Wales’ dan tanggal peresmian. Selain itu, ada juga batu yang diukir dengan kutipan dari puisi The Measure of A Man.

“These are the units to measure the worth of this woman as a woman regardless of birth. Not ‘What was her station?’ but ‘Had she a heart? How did she play her God-given part?”

“Ini adalah unit untuk mengukur nilai dari perempuan ini, sebagai seorang perempuan tanpa memandang latar belakangnya. Bukan ‘Apa statusnya?’ Tapi ‘Apakah dia punya hati? Bagaimana dia memainkan perannya yang diberikan oleh Tuhan?'”

Pangeran William dan Pangeran Harry berbincang sebelum peresmian patung Putri Diana di Taman Sunken, Istana Kensington, London, Inggris. Foto: Dominic Lipinski/Pool/REUTERS

Rencana pembuatan patung ini sudah diumumkan sejak lama pada Februari 2017 saat memperingati 20 tahun meninggalnya sang putri. Patung tersebut didesain oleh Ian Rank-Broadley yang juga memotret foto Ratu Elizabeth II dan kini hasilnya dipakai untuk semua uang koin di Inggris.

Selain Pangeran William dan Harry, acara peresmian patung Putri Diana ini juga dihadiri oleh keluarga sang putri. Mereka adalah Earl Spencer, Charles, Lady Sarah McCorquodale dan Jane Fellowes. Tak hanya itu, hadir juga Ian-Rank Broadley si perancang patung dan Pip Morrison perancang taman.

Dalam pernyataan bersama, William dan Harry tak lupa juga berterima kasih pada mereka. “Terima kasih banyak pada Ian-Rank Broadley, Pip Morrison dan tim atas hasil yang luar biasa, pada teman dan para donatur yang membantu mewujudkan patung ini, dan pada semua orang di seluruh dunia yang sudah menjaga kenangan ibu kami tetap hidup,” ungkap William dan Harry seperti dikutip dari Sky News.

Comments are closed.