Parque La Mexicana Taman Urban yang Wajib Dikunjungi di Kota Meksiko

Terkadang kita perlu rehat sejenak untuk mengistirahatkan pikiran. Tetapi sayangnya berpergian keluar kota bukan waktu yang pas dikala pandemi ini, selain disaat seperti ini kita juga harus berhemat. Beruntung sekali Kota Meksiko mempunyai banyak ruang publik seperti taman kota. Maka mengunjungi taman di akhir pekan adalah salah satu solusi yang tepat. Piknik bersama teman, keluarga, membaca buku, atau hanya duduk menikmati pemandangan sekitar.

Taman yang berkonsep urban ini menjadi tujuan saya untuk menghabiskan akhir pekan, Parque La Mexicana namanya. Terletak di daerah Lomas Santa Fe, Contadero Alvaro Obregon. Taman ini tidak memungut biaya masuk alias gratis. Hanya saja jika kalian ingin menggunakan toilet kalian harus menyiapkan uang sebesar 5 peso (atau sekitar Rp 3.645 dengan kurs saat artikel ini ditulis). Buka dari jam 5 pagi hingga 10 malam.

Gedung-gedung tinggi di Parque la mexicana. Foto by Cindypn

Singkat sejarah dari taman ini, karena kurangnya ruang publik dengan kawasan hijau di daerah ini sehingga warga setempat mengusulkan kepada Pemerintah tentang konsep taman metropolitan. Dan akhirnya usulan disetujui, dibangunlah taman dengan luas 28 hektar yang dirancang oleh 2 orang arsitek Mario Schjetnan dan Victor Marquez yang di mana mereka dikenal sebagai perancang inovasi teknologi sustainable. Dalam waktu 13 bulan taman ini selesai dan diresmikan pada 24 November 2017.

Gedung-gedung tinggi di parque la mexicana. Foto by cindypnRefleksi gedung di danau parque la mexicana. foto by Cindypn

Jika kalian pengagum modern arsitektur kalian akan menyukai tempat ini. Setelah melewati pintu masuk kalian langsung akan disajikan pemandangan dari gedung-gedung tinggi yang indah (yang merupakan apartment dan kantor). Kemudian ada dua danau buatan di mana danau pertama terdapat air mancur di tengahnya dan refleksi dari pantulan gedung.

Lalu di danau selanjutnya terdapat amphitheater yang biasa digunakan untuk festival, seperti pertunjukan musik. Dan di depannya terdapat balok semen panjang yang bisa kamu duduki. Selain itu juga terdapat tempat bermain untuk anak-anak, skatepark, jalur untuk sepeda, dan pelari. Jika kalian tidak membawa sepeda jangan khawatir di sana juga ada tempat penyewaan sepeda, lokasinya tepat di samping merek parque la mexicana di pintu masuk timur. Dan tidak perlu khawatir apabila ingin makan dan minum, karena di taman ini juga terdapat tempat makan.

Danau dengan amphitheater di tengahnya. Foto by : cindypn

Comments are closed.