Pakai Mesin BMW, Mobil Terbang Ini Berhasil Mengudara

AirCar sedang lakukan penerbangan pertamanya. Foto: KleinVision/YouTube

Waktu kecil kita sering membayangkan bahwa sekitar tahun 2020 bumi akan dipenuhi dengan mobil terbang. Meskipun belum terealisasikan, salah satu perusahaan ini berhasil membuat mobil sport yang bisa terbang.

Mobil terbang buatan Klein Vision ini diberi nama AirCar. Prototipe ini berhasil melakukan uji coba penerbangan pertamanya sejauh 70 km dari bandara Nitra ke bandara Bratislava di Slovakia.

Menurut Klein Vision, mobil terbang itu menghabiskan 35 menit di atas udara dan terbang dengan kecepatan 170 km/jam. Mobil yang diperkirakan akan menjadi mobil terbang produksi pertama sudah melakukan langkah pertamanya.

AirCar ketika mendarat di landasan pacu. Foto: KleinVision/YouTube

Berdasarkan penjelasan dari pembuat AirCar, Professor Stefan Klein, AirCar dapat terbang sejauh 1,000 km tanpa harus mengisi ulang bahan bakar pada ketinggian maksimum 2,5 km. Mobil tersebut dibuat khusus untuk dua orang dan mampu menampung berat hingga 200 kg.

Mobil terbang itu membutuhkan waktu dua menit untuk berubah dari mobil menjadi mode terbang dan sebaliknya. Proses tersebut sepenuhnya otomatis jadi sang pengemudi tidak perlu pusing-pusing.

AirCar ini memiliki mesin BMW yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 160 dk. Prototipe selanjutnya direncanakan akan memiliki mesin yang tenaganya sebesar 300 dk dan mampu akselerasi hingga 300 km/jam. Ketika di udara, mobil ini digerakkan dengan baling-baling yang terdapat pada bagian belakang mobil.

Perusahaan mobil terbang tersebut mengakui pengembangan dari AirCar ini memakan waktu 2 tahun lamanya dan mengeluarkan kurang dari 2 juta Euro (Rp34 miliar). Untuk saat ini belum ada tanda dari kapan mulainya mobil ini diproduksi.

Comments are closed.