Ngena Banget! Kala Charlie Chaplin Sampaikan Petuah Hidup Lewat Lelucon Berulang

Charlie Chaplin. Dok: biography.

Puluhan dekade silam masyarakat dunia mengenal Charlie Chaplin sebagai komedian tersohor. Pantomim yang dia lakukan kerap mengocok perut para penontonnya.

Pria kelahiran 16 April 1889 itu bernama lengkap Sir Charles Spencer Chaplin. Gelar sir itu diberikan oleh kerajaan Inggris.

Dihimpun dari berbagai sumber, Chaplin merupakan seorang multitalenta. Mulai dari pelawak, sutradara, dan komposer film dari Inggris yang terkenal pada era film bisu.

Ia menjadi ikon dunia melalui perannya sebagai Tramp dan dianggap sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah industri film. Ia telah berkarier selama lebih dari 75 tahun sejak masa kanak-kanaknya pada era Victoria hingga setahun sebelum kematiannya pada tahun 1977.

Chaplin telah malang-melintang di dunia seni peran bisu atau pantomim. Panggung yang membawa namanya dikenal luas. Dari sekian banyak panggung drama yang dia tampil, pernah satu ketika dia memberi petuah hidup lewat lelucon yang dia sampaikan.

Chaplin menceritakan kepada para hadirin sebuah lelucon yang sangat lucu. Mereka yang hadir tertawa terbahak-bahak. Kemudian dia mengulangi lelucon yang sama. Tapi kali ini hanya beberapa orang yang tertawa.

Dia mengulangi lagi lelucon yang sama. Bahkan tidak ada seorangpun yang tertawa. Kemudian ia memandang ke arah para hadirin selama beberapa detik dan berkata.

“Jika Anda tidak bisa menertawakan lelucon yang sama berulang-ulang, mengapa Anda menangis berulang kali atas masalah yang sama?” kata Charlie Chaplin. (ace)

Comments are closed.