Nelayan Berhasil Tangkap Ikan Pari Air Tawar Raksasa, Beratnya Capai 180 Kg

Wujud ikan pari raksasa yang ditemukan di Kamboja. Foto: Wonders of the Mekong project

Nelayan di Kamboja dikejutkan dengan hasil tangkapan yang mereka dapatkan. Bagaimana tidak, mereka berhasil menangkap ikan pari raksasa seberat 180 kilogram.

Ikan itu terseret ke kedalaman Sungai Mekong yang keruh setelah memakan ikan yang sudah tersangkut pancingan nelayan. Ikan yang diidentifikasi sebagai pari air tawar (Urogymnus polylepis) itu ditangkap nelayan di provinsi Stung Treng, timur laut Kamboja, pada 5 Mei 2022.

Diberitakan Live Science, setelah menemukan pari raksasa, para nelayan langsung menghubungi anggota tim dari Wonders of the Mekong project–kelompok konservasi yang dijalankan oleh University of Nevada, Reno (UNR), bekerja sama dengan otoritas perikanan setempat– untuk membantu melepaskan tali pancing dan mengukur pari sebelum akhirnya dilepaskan lagi ke sungai dengan aman.

Spesimen raksasa ini punya berat mencapai 180 kilogram, berukuran lebar 1,9 meter, dan panjang 4 meter, dari ujung kepala sampai ekornya termasuk cambuk yang berbisa dan bergigi berukuran 15 centimeter.

Menurut Zed Hogan, ahli biologi ikan di UNR dan direktur Wonders of the Mekong project, pari air tawar adalah spesies ikan pari terbesar di dunia. Hanya sedikit yang diketahui tentang ikan besar ini karena sangat sulit ditangkap. Ini menyebabkan peneliti sulit untuk menentukan populasinya di alam liar. Namun, dalam sebuah laporan menyebutkan bahwa seekor pari air tawar bisa tumbuh lebih besar dari ukuran yang ditemukan kali ini.

Adapun pemegang rekor ikan terbesar di Sungai Mekong–yang mengalir melalui China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam– adalah ikan lele raksasa Mekong (Pangasianodon gigas) seberat 293 kilogram yang ditangkap di Thailand pada 2005. Ikan pari air tawar kemungkinan bisa tumbuh lebih besar dari lele tersebut.

Pada 2009, ikan pari air tawar raksasa juga pernah ditangkap di Thailand dengan berat diperkirakan mencapai 249 hingga 349 kilogram. Sayangnya, ikan pari itu tidak pernah ditimbang secara resmi. Ikan air tawar terbesar di dunia adalah beluga sturgeon (Huso huso). Hewan ini ditemukan di Rusia dengan panjang maksimum mencapai 8 meter dan berat 2,2 ton atau 2.200 kilogram.

Ikan pari air tawar raksasa sedang diukur oleh nelayan dan para peneliti. Foto: Wonders of the Mekong project

Sungai Mekong juga telah menjadi rumah bagi spesies air tawar raksasa lain, termasuk lumba-lumba Irrawaddy, kura-kura softshell raksasa, lele raksasa Mekong, barbs raksasa (sejenis ikan mas), lele goonch raksasa, dan sheatfish raksasa (jenis lele).

Bentangan Sungai Mekong Kamboja yang terpencil dan relatif murni ini tampaknya menjadi tempat terakhir di Bumi di mana semua spesies air tawar raksasa yang ikonik ini hidup berdampingan satu sama lain,” – Zed Hogan –

Ikan-ikan di Sungai Mekong bisa tumbuh sangat besar karena lingkungan di sana punya beragam jenis habitat yang berbeda, termasuk kolam yang dalam, gundukan pasir, dan pulau-pulau yang menyediakan banyak makanan untuk hewan sehingga bisa tumbuh lebih besar.

Namun, kualitas lingkungan di Sungai Mekong mulai menurun dalam beberapa dekade terakhir karena polusi air, penangkapan ikan berlebihan dan fragmentasi habitat karena pembangunan seperti bendungan. Akibatnya, pari air tawar raksasa sekarang masuk dalam daftar spesies terancam punah di Red List IUCN.

Comments are closed.