Mulai Sekarang Jangan Sepelekan Struk Bayar Tol, Ini Fungsinya

Ilustrasi bayar tol. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Setiap kali melewati jalan tol, penggunanya wajib melakukan pembayaran secara non tunai sejak 31 Oktober 2017. Cara bayar tol tersebut dengan tapping uang elektronik atau e-money di gardu tol, kemudian saldo di dalamnya akan terpotong otomatis mengikuti tarif sesuai golongan kendaraan.

Tak cuma itu, setiap transaksi juga dibarengi bukti pembayaran berupa struk. Ada yang keluar dari gardu secara otomatis, atau pencet tombol dulu baru keluar struknya.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan selain bukti pembayaran yang sah, struk tol berisikan detail berbagai macam informasi transaksi yang telah dilakukan.

“Di antaranya adalah besaran tarif tol, nama gerbang tol dan nomor gardu tol tempat transaksi, tanggal dan waktu transaksi, asal gerbang tol (bagi sistem transaksi tertutup), terangnya kepada kumparan beberapa waktu lalu.

“Kemudian jenis dan nomor kartu e-toll yang digunakan, sisa saldo e-toll, hingga identifikasi ID petugas customer service yang saat itu bertugas,” tambahnya.

Terlepas adanya detail informasi tersebut, biasanya tak sedikit pengemudi yang mengabaikan ambil struk tol. Setelah tapping, palang terbuka, langsung tancap gas lagi.

Keberadaan struk penting sebagai pengingat sisa saldo uang elektronik. Apabila menipis, pengemudi bisa langsung menambahkan saldo, jadi sederhananya meminimalisasi kejadian saldo kurang di gerbang tol.

“Struk tol juga biasanya digunakan untuk kebutuhan reimburse yang butuh pencatatan atau administrasi transportasi lainnya,” pungkasnya.

Fungsi lain struk atau juga disebut karcis pembayaran tol adalah sebagai bukti penelusuran informasi. Sehingga umpama terjadi darurat saat di jalan tol, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) atau operator dapat menanganinya lebih cepat.

Sebab di beberapa ruas jalan tol yang dioperasikan oleh operator tertentu, struk tolnya juga berisikan detail nomor layanan informasi tol yang bisa diketahui lebih cepat apabila membutuhkan bantuan.

Comments are closed.