Mudahkan Evakuasi Korban KMP Yunicee, Aktivitas di Pelabuhan Ketapang Dihentikan

Keluarga Penumpang KMP Yunicee Berdatangan ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Foto: Dok. Istimewa

Sejumlah korban tenggelamnya KMP Yunicee dibawa ke Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi. Proses evakuasi masih terus dilakukan hingga Selasa (29/6) malam.

Pantauan di lapangan, untuk mempermudah evakuasi, aktivitas bongkar muat di tiga dermaga Landing Craft Machine (LCM) Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, dihentikan sementara.

Nampak sejumlah ambulans berlalulalang untuk melakukan evakuasi penumpang selamat KMP Yunicee.

“Mohon untuk tidak masuk ke kapal. Biar petugas kesehatan yang masuk dan dari pelabuhan untuk mendata penumpang selamat,” ujar petugas dari pengeras suara.

Sebagian besar korban selamat dibawa ke ruang tunggu penumpang Pelabuhan ASDP Ketapang. Sementara korban yang mengalami luka berat langsung dibawa ke RSUD Blambangan Banyuwangi.

Keluarga Penumpang KMP Yunicee Berdatangan ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Foto: Dok. Istimewa

Berdasarkan data dari Basarnas Bali, ada 53 orang yang berada di KMP Yunicee. 41 merupakan penumpang, 12 lainnya merupakan ABK. Sudah 44 orang berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat. 6 lainnya ditemukan tewas.

“Pukul 20.45 WITA, KMP Suakarya berhasil mengevakuasi 27 penumpang dalam keadaan selamat. Pukul 21.00 WITA KMP Samudra utama berhasil mengevakuasi 17 penumpang dalam keadaan selamat,” kata Kabasarnas Bali Gede Darmada.

“Pukul 21.20 WITA nelayan setempat berhasil mengevakuasi 6 penumpang dalam keadaan meninggal dunia,” pungkasnya.

Sehingga, saat ini tersisa 3 penumpang yang belum ditemukan. Evakuasi dan pencarian masih terus dilakukan.

Comments are closed.