Mirip Immobile di Euro 2020, 5 Pemain Ini Pernah Tepergok Pura-pura Cedera

Pemain Italia Nicolo Barella saat mencetak gol pertama mereka ke gawang Belgia pada Perempat Final Euro 2020 di Football Arena Munich, Jerman. Foto: Christof Stache/Reuters

Ulah Ciro Immobile yang pura-pura cedera pada laga Italia vs Belgia di Euro 2020 jadi sorotan. Namun rupanya, ada banyak pemain yang melakukan aksi serupa dengan sang penyerang Gli Azzurri.

Kejadian kocak Immobile itu terjadi di menit 31. Ia terkapar dan meringis kesakitan di atas lapangan usai berduel dengan bek Belgia, Jan Vertonghen.

Nah, wasit tidak menggubris kejadian tersebut dan pertandingan tetap dilanjutkan. Dalam situasi play on, Nicolo Barella kemudian berhasil mencetak gol ke gawang Belgia.

Immobile, yang sebelumnya meringis kesakitan, tiba-tiba ‘sembuh’ mendadak. Ia langsung berdiri, berlari dan ikut berselebrasi bersama rekan-rekan Timnas Italia lainnya.

Ekspresi pemain Italia Ciro Immobile terjatuh saat melawan Belgia pada Perempat Final Euro 2020 di Football Arena Munich, Jerman. Foto: Andreas Gebert/Reuters

Kelakuan Immobile itu rupanya bukan pertama kali dalam dunia sepak bola. Berikut kumparan rangkum daftar 5 pemain yang juga pernah pura-pura cedera atau diving, dikutip dari berbagai sumber. Silakan disimak.

Rivaldo Berpura-pura Terpukul di Muka (Piala Dunia 2002)

Insiden tersebut melibatkan pemain Brasil, Rivaldo, dengan bek Turki, Hakan Unsal, di laga perdana babak grup Piala Dunia 2002. Ketika itu, Brasil tengah memimpin pertandingan dengan skor 2-1. Di menit-menit akhir laga, Rivaldo pun melancarkan aksi yang kurang terpuji.

Berbagai cara dilakukan Rivaldo demi menjaga kemenangan Brasil di laga itu. Ia berusaha mengulur-ulur waktu sampai akhirnya dia ditunjuk untuk mengeksekusi tendangan pojok. Unsal pun memberikan bola yang tengah dipegangnya kepada Rivaldo dengan cara menendangnya.

Rivaldo pun memanfaatkan momen tersebut. Ia meringis kesakitan seakan bola tersebut menghantam wajahnya. Padahal, bola terlihat jelas mengenai paha Rivaldo.

Meski begitu, wasit tetap mengusir Unsal ke luar lapangan. Ketahuan mengelabui wasit, Rivaldo pun akhirnya didenda 5.000 pounds.

Neymar Menerima Tekel Pemain Swiss (Piala Dunia 2018)

Neymar menjadi sorotan pada perhelatan Piala Dunia 2018. Tepatnya terjadi saat Brasil ditahan imbang Swiss 1-1 pada laga perdana di Grup E.

Di pertandingan ini, Neymar seringkali dilanggar pemain Swiss. Sayangnya, penyerang Paris Saint-Germain itu kerap bereaksi berlebihan saat mendapat adangan dari sang lawan. Hal tersebut membuat Neymar mendapatkan label sebagai tukang diving.

Sergio Busquets Disikut Thiago Motta (Liga Champions 2010)

Pada duel Barcelona vs Inter Milan di Liga Champions 2010, Busquets tertangkap kamera melakukan tindakan yang tidak akan pernah dilupakan. Dia mempermalukan dirinya sendiri dan Barcelona, bahkan foto Busquets itu jadi meme sampai sekarang.

Situasinya, gelandang Inter, Thiago Motta, tidak sengaja menyapu wajah Busquets dalam usaha melindungi bola. Gelandang Spanyol ini langsung terjatuh di lapangan, menutupi wajah seakan-akan kesakitan.

Terjatuh di lapangan Busquets menutupi wajah dan berguling-guling. Namun, pada hitungan detik, kamera menangkap momen Busquets membuka tangan, mengintip untuk melihat reaksi wasit.

Tanpa ampun, Motta langsung diganjar kartu merah karena dianggap melakukan pelanggaran fatal. Busquets, tentu saja, bisa melanjutkan pertandingan tanpa masalah.

Arjen Robben Dilanggar Jelang Akhir Laga (Piala Dunia 2014)

Aksi pura-pura Robben ini terjadi saat Belanda menang dengan skor 2-1 atas Meksiko di babak 16 besar Piala Dunia 2014 di Brasil.

Belanda sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Giovani Dos Santos pada menit ke-48 dan gol Wesley Sneijder menyamakan kedudukan pada menit ke-88. Belanda kemudian mendapatkan hadiah penalti menyusul dilanggarnya Robben oleh Rafael Marquez pada menit 91.

Aksi jatuhnya Robben di kotak terlarang itu pun menuai kontroversi. Namun, sang pemain mengelak telah melakukan diving.

“Saya mendapatkan tekel dan jika itu bukan hukuman maka saya tidak tahu itu apa,” ucap Robben, dikutip dari Reuters.

David Luiz Terjatuh Lalu Tersenyum (Liga Inggris 2013)

Kejadian ini terjadi saat Manchester United takluk 0-1 dari Chelsea dalam lanjutan Premier League di Old Trafford pada tahun 2013 silam.

Saat itu, jelang berakhirnya laga pada menit ke-86, Rafael berduel ketat dengan sang kompatriot, David Luiz. Ia pun terlihat jelas menendang engkel bek The Blues tersebut.

Akan tetapi, Luiz yang terkapar justru tersenyum ketika wasit Howard Webb memberi kartu merah kepada Rafael.

****

Comments are closed.