Menteri ESDM: Subsidi Bakal Ditambah untuk Program Kompor Listrik

PLN mendukung penggunaan kompor listrik induksi. Foto: PLN

Menteri ESDM Arifin Tasrif, mengungkapkan harus ada penambahan anggaran subsidi listrik untuk program konversi kompor LPG 3 kilogram menjadi kompor listrik milik PT PLN (Persero).

Arifin mengatakan, program bagi-bagi kompor listrik gratis tersebut juga harus disertai penambahan daya listrik terpasang, terutama masyarakat miskin golongan listrik subsidi 450 VA atau 900 VA.

“Anggaran subsidinya listriknya juga harus naik dong karena konsumsi,” ujarnya kepada wartawan di kantor Kementerian ESDM, Jumat (23/9).

Meski begitu, dia tidak merinci lebih lanjut berapa tambahan subsidi listrik yang dibutuhkan untuk menopang lonjakan konsumsi listrik usai pelaksanaan program konversi kompor listrik tersebut.

Adapun terakhir, Badan Anggaran DPR setujui rencana Kementerian Keuangan untuk menambah anggaran subsidi dan kompensasi energi menjadi Rp 338 triliun pada tahun 2023.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan sambutan saat pembukaan kegiatan G20 Energy Transitions Ministerial Meeting (ETMM) di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (2/9/2022) Foto: Fikri Yusuf/Antara Foto

Anggaran subsidi ditetapkan sebesar Rp 212 triliun, terdiri dari alokasi untuk BBM sebesar Rp 21,5 triliun, LPG tabung 3 kg sebesar Rp 117,8 triliun dan alokasi subsidi listrik Rp 72,6 triliun.

Dia melanjutkan, penambahan daya listrik untuk penerima kompor listrik gratis tersebut masih dalam perhitungan pemerintah dan PLN, namun dia memastikan jika pengguna tidak akan mengalami kenaikan tarif.

“Kami akan hitung dengan tambahan itu, kemudian berapa banyak energi baru dan energi baru yang memang kompetitif bisa masuk. Dengan harapan kompetitif ini bisa memfasilitasi itu,” jelas Arifin.

Namun, Arifin membeberkan, bahwa terdapat beberapa opsi penambahan daya listrik untuk penerima kompor listrik gratis, yakni di antara 900 VA atau 2200 VA.

“Ada beberapa ini ya, beberapa yang akan dicoba 900 VA atau 2200 VA. Ini lagi uji coba nih, byar pet (mati nyala) apa enggak, yang diuji coba ini harus ada,” imbuh dia.

Comments are closed.