Menlu Retno: Belanda Segera Kirim Bantuan 3 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Menlu Retno Marsudi saat pertemuan dengan Menlu Singapura, Vivian Balakrishnan di Jakarta, Kamis (25/3). Foto: Kemenlu RI

Menteri Luar Negeri RI, Retno L Marsudi, melaksanakan pertemuan bilateral dengan Belanda pada Kamis (1/7) di Kota Den Haag. Pada pertemuan tersebut, Retno berdiskusi dengan Menlu Belanda baru, Sigrid Kaag, soal kerja sama kesehatan antara kedua negara.

Menlu Retno, dalam jumpa pers virtual, mengungkapkan bahwa Belanda telah memutuskan menyumbang 3 juta dosis vaksin COVID-19 jadi untuk Indonesia.

“Di dalam pembicaraan saya dengan Menlu Belanda, salah satu hasil yang konkret adalah keputusan Pemerintah Belanda untuk memberikan bantuan vaksin ke Indonesia sebesar 3 juta vaksin jadi. Pengirimannya akan dilakukan secepatnya,” papar Menlu Retno pada Kamis (1/7) malam.

Hanya saja, Retno tidak menjelaskan jenis vaksin apa yang akan diberikan oleh Pemerintah Belanda kepada Indonesia.

Tak hanya vaksin, Indonesia dan Belanda sepakat untuk mencoba menjalin hubungan kerja sama dalam bentuk pemberian bantuan obat-obatan terapeutik.

“Dalam pertemuan bilateral tersebut, baik dengan Menlu Belanda maupun PM Belanda, kita juga menjajaki kemungkinan kerja sama yang serupa, tetapi untuk obat-obatan terapeutik,” jelasnya.

Ia menambahkan, jalinan kerja sama kedua negara ini akan terus melibatkan Kementerian Kesehatan Indonesia.

Di samping bantuan dari Belanda, Menlu Retno juga memaparkan hasil pertemuan bilateral dengan negara-negara lainnya di sela-sela Pertemuan G20.

Dalam bidang kesehatan dan vaksin, Indonesia pada Kamis (1/7) ini telah kedatangan bantuan vaksin sebanyak 998.400 dosis dari Jepang, dan batch selanjutnya akan menyusul.

Inggris juga akan menyerahkan bantuan vaksin COVID-19 untuk Indonesia, tetapi detail dan waktu pengirimannya masih dibahas lebih lanjut oleh Menlu kedua negara.

Bantuan vaksin Moderna sebanyak 3 juta dosis juga akan diberikan kepada Indonesia oleh Amerika Serikat. Izin darurat penggunaan vaksin asal AS ini masih diproses oleh BPOM.

Comments are closed.