Mengenal Pengertian Kelompok Angkatan Kerja, Jenis, dan Contohnya

Ilustrasi Mengenal Pengertian Kelompok Angkatan Kerja, Jenis, dan Contohnya. (Foto: Priscilla Du Preez | Unsplash.com)

Mencari pekerjaan bukan perkara yang mudah. Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya. Sementara setiap tahunnya banyak mahasiswa yang menyelesaikan kuliahnya dan juga mencari pekerjaan. Maka dari itu banyak sekali orang yang mencari pekerjaan di saat yang bersamaan. Dampaknya adalah banyak pengangguran di Indonesia. Dampak tersebut dapat terjadi dikarenakan ketersediaan lapangan kerja tidak sebanding dengan banyaknya jumlah pencari kerja dalam satu angkatan kerja. Hal tersebut dapat terjadi karena angkatan kerja yang melamar suatu pekerjaan akan selalu berbeda. Kelompok angkatan kerja disebut juga labor force. Apa yang dimaksud dengan angkatan kerja? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut.

Kelompok Angkatan Kerja Disebut Juga Labor Force

Ilustrasi Kelompok Angkatan Kerja Disebut Juga Labor Force. (Foto: Sol | Unsplash.com)

Mengutip Husni (2006) dalam buku dengan judul Pengembangan Sektor Unggulan Pendukung Perluasan Kesempatan Kerja di Provinsi Jawa Tengah karya Sofyan (2021:15), angkatan kerja adalah bagian dari penduduk (usia kerja) baik yang bekerja maupun yang mencari pekerjaan (penganggur). Secara sederhana, angkatan kerja dapat didefinisikan sebagai semua masyarakat yang sudah mencapai usia layak untuk bekerja atau usia produktif. Usia produktif di Tanah Air merupakan seluruh penduduk yang telah mampu bekerja dan mendapatkan penghasillan. Sementara menurut ketentuan pemerintah orang yang masuk ke dalam rentang usia produktif adalan 15 hingga 65 tahun. Sementara setiap orang dengan rentang usia tersebut yang memilih untuk tidak bekerja atau menganggur dapat diklasifikasikan sebagai bukan angkatan kerja. Angkatan kerja memiliki beberapa jenis sebagai berikut.

Pekerja Penuh

Angkatan kerja yang termasuk ke dalam jenis pekerja penuh adalah seluruh orang yang memiliki pekerjaan. Tak hanya itu, dapat dikatakan sebagai pekerja penuh apa bila jam kerja dalam rentang satu hari berkisar antara depalan hingga sepuluh jam. Kelompok angkatan kerja jenis pekerja penuh juga bekerja secara teratur dalam satu minggu dan mendapatkan upah atau gaji atas pekerjaanya tersebut.

Setengah Menganggur

Setengah menganggur maksudnya adalah setiap orang yang memiliki pekerjaan, namun penghasilan, dan pekerjaan tidak dapat dilihat dari tingkat produktivitasnya.

Pengangguran

Jenis angkatan kerja pengangguran adalah setiap orang dalam rentang usia produkgif yang tidak memiliki pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan.

Kelompok angkatan kerja disebut juga labor force. Contoh dari angkatan kerja adalah seorang pemuda berusia 27 tahun dan bekerja di sebuah perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh tersebut merupakan angkatan kerja dengan jenis pekerja penuh. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu ya. (FAR)

Comments are closed.