Mengenal 5 Alat Musik Suku Asmat yang di Papua

Ilustrasi 5 alat musik suku Asmat yang ada di Papua, sumber foto Pixabay

Alat musik merupakan salah satu bagian dari budaya yang dapat kira temui di setiap daerah. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan kebudayaan yang masih dilestarikan hingga saat ini. Di Indonesia hampir setiap daerah maupun suku memiliki ciri khas masing-masing termasuk dalam hal alat musik. Pada zaman dahulu alat musik biasanya digunakan untuk kepentingan upacara adat atau kegiatan adat lainnya. Salah satu suku yang berasal dari wilayah timur Indonesia adalah suku Asmat. Suku Asmat sendiri berasal dari Papua dan dikenal memiliki kebudayaan yang beragam, mari kita mengenal 5 alat musik suku Asmat yang ada di Papua.

5 Alat Musik Suku Asmat

Ilustrasi 5 alat musik suku Asmat yang ada di Papua, sumber foto Pixabay

Dikutip dari buku Mengenal Seni dan Budaya Indonesia karya R. Rizky dan T. Wibisono (2012: 129) jika berbicara mengenai alat musik sukku Asmat salah satu yang paling terkenal adalah tifa. Tifa memiliki bentuk mirip gendang dan cara memainkannya adalah dengan dipukul. Tifa terbuat dari sebatang kayu yang isinya dikosongkan.

Disamping sebagai pelengkap dari permainan instrumen musik tradisional, tifa juga selalu dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional seperti tari Perang, Asmat, dan Gatsi. Tarian tersebut biasanya dipertunjukkan pada acara-acara maupun upacara-upacara adat lainnya.

Selain tifa yang paling terkenal masih ada empat alat musik lainnya yang berasal dari Papua, diantaranya adalah sebagai berikut.

Triton adalah alat musik dari Papua yang terbuat dari kulit kerang dari pantai. Alat musik ini cara penggunaannya adalah dengan ditiup salah satu sisi kulit kerang kemudian akan menghasilkan suara yang khas dan alami. Pada awalnya alat musik ini digunakan untuk memberi tanda.

Pikon adalah alat musik dari Papua yang biasanya berbentuk lonjong dan terbuat dari sebilah bambu yang sangat kecil. Pada bagian tengah dari pikon terdapat seutas tali yang dipasang kencang dan terikat pada sepotong lidi penggetar. Untuk cara memainkannya sangat mudah cukup menarik lidi bagian pangkal sehingga potongan penggetar akan menghasilkan suara.

Krombi adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya dipetik sehingga akan menghasilkan suara yang indah. Biasanya alat musik ini digunakan dalam upacara adat.

Fuu adalah alat musik dari Papua yang terbuat dari kayu atau bambu. Cara memainkan fuu adalah dengan meniup bagian yang terbuka atau berlubang.

Jadi itu adalah lima contoh alat musik suku Asmat yang berasal dari Papua dan kebanyakan masih ada dan digunakan dalam acara-acara adat hingga saat ini. (WWN)

Comments are closed.