Melihat Lengangnya Kota Bandung Saat Pelaksanaan PPKM Darurat Hari Pertama

Petugas kepolisian memakaikan masker kepada seorang pengendara saat operasi kepatuhan memakai masker di Posko Lantas Tangguh, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/2). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO

Sejumlah ruas jalan di Kota Bandung terlihat lengang pada hari pertama pelaksanaan PPKM Darurat. Padahal, Kota Bandung seringkali dijadikan tujuan wisatawan terutama untuk menghabiskan akhir pekan.

Dari pantauan, ruas jalan di depan Gedung Sate terlihat ditutup petugas. Tak tampak pula aktivitas pegawai di gedung yang jadi tempat kerja Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Lapangan Gasibu yang berada tepat di Gedung Sate pun ditutup. Sama sekali tak ada aktivitas warga yang biasa berolahraga di sana.

Begitu pula dengan Jalan Ir. H. Juanda atau dikenal Jalan Dago yang terlihat lengang. Hanya ada beberapa pemuda yang masih melakukan aktivitas di tepi Jalan Dago. Sementara petugas kepolisian terlihat melakukan penjagaan. Nantinya pada sore hari, ruas Jalan Dago akan ditutup untuk menghindari kerumunan.

Lengangnya ruas jalan dan aktivitas pun terlihat di Jalan Ganesha. Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) yang biasanya ramai terlihat sepi dari aktivitas pelajar, saat ini hanya ada segelintir orang yang masih duduk dan berbincang sambil menikmati dagangan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima di luar kampus.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Jalan Tamansari. Kebun Binatang Bandung terlihat ditutup dan sepi dari aktivitas. Petugas kepolisian pun terlihat berjaga di sekitar lokasi. Sebagaimana diketahui, tempat wisata menjadi objek yang dihentikan sementara aktivitasnya ketika pelaksanaan PPKM Darurat.

“Anda memasuki kawasan wajib masker,” bunyi tulisan dalam spanduk yang dibentangkan di pintu masuk Kebun Binatang Bandung.

Lengangnya ruas jalan juga terlihat di Jalan Asia Afrika yang biasanya disesaki wisatawan pada akhir pekan. Tampak hanya ada segelintir pemuda dan pemudi yang berada di sekitar Gedung Merdeka untuk berswafoto. Mereka kemudian terlihat didekati oleh petugas dari Satpol PP dan diminta untuk membubarkan diri.

Kota Bandung masuk ke dalam zona merah sebaran corona di Jabar. Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov) Kota Bandung, total kasus terkonfirmasi berjumlah 25.295 kasus, kasus terkonfirmasi aktif berjumlah 2.949 orang, sembuh 21.800 orang, dan meninggal dunia sebanyak 546 orang.

Comments are closed.