Mantan Menteri Pertahanan AS, Donald Rumsfeld, Wafat di Usia 88 Tahun

Mantan Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld. Foto: Jim Watson/AFP

Mantan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Donald Rumsfeld, wafat di usia 88 tahun. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh keluarga Rumsfeld lewat cuitan di akun Twitter resminya.

Rumsfeld menjadi Menhan AS di era kepemimpinan Presiden Gerald Ford dan Presiden George W Bush. Ia mengembuskan napas terakhir di rumahnya di Taos, New Mexico.

“Dengan duka cita yang mendalam, kami umumkan wafatnya Donald Rumsfeld, seorang negarawan Amerika dan suami, ayah, kakek, buyut yang terkasih,” ungkap pihak keluarga Rumsfeld dalam keterangannya.

Dalam keterangan tersebut, tak disebutkan kapan Rumsfeld berpulang.

Presiden Bush menyampaikan belasungkawanya dan merujuk Rumsfeld sebagai orang yang sangat baik.

Dikutip dari BBC, Rumsfeld adalah salah satu dari aktor utama dalam Perang Irak dan pendukung setia dari gerakan perang atas terorisme yang digalakkan di bawah pemerintahan mantan Presiden George W Bush.

Karier politik Rumsfeld berlangsung cukup lama. Ia memiliki reputasi sebagai orang dalam Washington yang paling utama, serta politikus yang terkenal karena mampu mengakali dan mengungguli musuh-musuhnya.

Mantan Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld. Foto: Luke Frazza/AFP

Ia menjabat sebagai Menteri Pertahanan AS di bawah Presiden Gerald Ford pada tahun 1975-1977. Saat itu, ia merupakan Menhan AS termuda yang pernah menduduki jabatan tersebut.

Rumsfeld kembali menjabat sebagai Menhan AS pada Pemerintahan Presiden George W Bush pada tahun 2001-2006 dan menjadikan dirinya sebagai Menteri Pertahanan tertua dalam posisi tersebut.

Comments are closed.