Manfaat Minum Air Hangat saat Hamil

Manfaat Minum Air Hangat saat Hamil Foto: Freepik

Ibu hamil jangan pernah lupa untuk minum air putih agar tetap terhidrasi dan juga berenergi. Ya Moms, minum air putih sangatlah penting untuk kesehatan Anda dan juga bayi di dalam kandungan.

Dalam sehari, Anda harus minum 6 sampai 8 gelas. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dan fungsi tubuh tetap sehat. Kemudian, kebutuhan air akan terus meningkat seiring bertambahnya berat badan, kondisi cuaca, dan aktivitas sehari-hari.

Jika Anda lebih suka minum air hangat, hal ini juga sangat baik karena memiliki banyak manfaat dan bisa membantu memerangi dehidrasi, kelelahan, dan infeksi. Namun, pastikan airnya tidak terlalu panas karena dapat membakar lapisan mulut Anda, Moms.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat dari minum air hangat selama kehamilan? Berikut penjelasan selengkapnya.

Beberapa Manfaat Minum Air Hangat saat Hamil

Manfaat Minum Air Hangat saat Hamil Foto: Freepik

1. Membantu Membersihkan Pencernaan

Minum air hangat atau suam-suam kuku memberikan banyak manfaat kesehatan bagi Anda dan juga janin. Salah satunya membantu mendetoksifikasi tubuh atau membersihkan pencernaan sehingga tidak ada racun yang tertinggal di dalam tubuh. Jika saluran pencernaan bersih, tubuh pun dapat menyerap nutrisi dengan baik. Yang mana nutrisi ini akan mudah diserap oleh bayi di dalam kandungan, Moms.

2. Mengurangi Mual di Pagi Hari

Minum air hangat dapat membantu mencegah mual di pagi hari dan juga mulas. Mengutip First Cry Parenting, mual disebabkan oleh dehidrasi dan mungkin mual akan membuat Anda kesulitan untuk minum air. Jadi untuk mencegahnya, sangat penting untuk minum banyak air hangat agar tetap terhidrasi dan terhindar dari mual.

3. Meredakan Sembelit

Air hangat juga memperlancar gerakan usus yang tepat dan sehat, sehingga Anda akan terhindar dari sembelit. Apalagi selama hamil, ibu akan lebih mudah sembelit. Nah Moms, minum air hangat akan membantu mengatasinya dan membantu buang air besar secara teratur.

4. Meningkatkan Aliran Darah

Mengutip Mom Junction, air hangat terbukti dapat meningkatkan aliran darah di dalam tubuh Anda. Dengan meminum segelas air hangat setiap hari, apalagi ditambah sedikit lemon di dalamnya, dapat membantu meningkatkan stamina dan tingkat energi sehingga menghilangkan rasa lelah.

Manfaat Minum Air Hangat saat Hamil Foto: Freepik

5. Terhindar dari Penyakit Pernapasan

Ibu hamil sebisa mungkin harus menghindari konsumsi obat-obatan, sehingga Anda harus menjaga kesehatan dengan baik. Untuk mencegah datangnya penyakit, Anda bisa minum air hangat, karena sangat baik untuk menghindari infeksi tenggorokan, batuk, pilek, dan juga flu.

Comments are closed.