Manfaat Memasak Bersama Anak Seperti yang Dilakukan Anissa Aziza

Potret Anissa Aziza dan anak pertamanya, Alea. Foto: Instagram/@anissaaziza

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak, salah satunya adalah memasak. Kegiatan yang satu ini ternyata juga cukup sering dilakukan oleh istri Raditya Dika, Anissa Aziza. Seperti yang baru-baru ini diunggah dalam akun YouTube-nya, Anissa mengajak anak pertamanya, Alinea Ava Nasution, membuat roti sando khas Jepang.

“Kakak siap untuk bikin dessert?” tanya Anissa pada Alea—panggilan putri sulungnya itu.

“Mau!” jawab Alea dengan semangat.

Ya Moms, dalam video tersebut, Alea terlihat sangat antusias saat diajak mamanya memasak bersama. Sambil dibimbing oleh Anissa, Alea menyebutkan warna-warna dari bahan yang sudah disiapkan. Selain itu, balita usia tiga tahun itu juga mampu menebak nama buah yang akan menjadi topping dalam makanan tersebut.

Tak hanya menyenangkan, memasak bersama anak ternyata juga memiliki manfaat untuk tumbuh kembang si kecil, Moms. Berikut ini beberapa manfaatnya sebagaimana dikutip dari Kids Health.

Membangun Keterampilan Dasar Anak

Salah satu keterampilan dasar yang bisa didapatkan anak dari aktivitas memasak adalah kemampuan berhitung. Anda bisa mengajak si kecil menghitung jumlah bahan yang dibutuhkan, menakar gula yang digunakan, dan memperkenalkan istilah satuan yang ada di buku resep.

Mengenalkan Rasa Baru

Untuk anak yang suka pilih-pilih makanan atau picky eater, memasak bersama bisa menjadi cara untuk mengenalkan berbagai macam rasa pada si kecil. Ia mungkin akan tertarik untuk mencicipi bahan-bahan dari makanan tersebut sebelum mengolahnya.

Hal itu juga dilakukan oleh Alea, Moms. Saat mengoleskan krim ke soft cake, sesekali ia mencolek krim tersebut dengan jarinya dan menjilatinya.

Meningkatkan Kemampuan Panca Indera

Saat memasak, anak akan belajar untuk mengeksplorasi kemampuan panca inderanya. Ia akan mendengar deru suara mixer saat dinyalakan, menumbuk adonan dengan tangannya, mencium aroma kue yang baru dipanggang, hingga mencicipi makanan yang baru makan. Perpaduan aroma dan penampilan makanan yang menarik membuat si kecil makin semangat untuk memakannya.

Menambah Kepercayaan Diri

Anak biasanya senang menunjukkan apa yang sudah ia kerjakan. Nah, ternyata memasak di dapur bisa menjadi momen untuk meningkatkan kepercayaan dirinya, Moms. Jangan lupa untuk mengapresiasi hasil kerja si kecil dan katakan dia bisa memasak lagi di kemudian hari.

Comments are closed.