Manfaat Bermain Bulu Tangkis untuk Si Kecil seperti Anak Gisella Anastasia

Gisella dan Gempi main bulu tangkis. Foto: Instagram.com/gisel_la

Apa kabar Gisella Anastasia dan sang anak, Gempita? Sepertinya baik-baik saja dan mereka tetap sering menghabiskan waktu bersama, Moms. Salah satunya dengan melakukan olahraga.

Sebab baru-baru ini melalui akun Instagram pribadinya, Gisel membagikan momen saat ia dan Gempita sedang bermain bulu tangkis.

Dalam foto tersebut, terlihat keseruan Gisel dan Gempi yang sedang bermain bulu tangkis. Menurut Gisel, mereka berdua ternyata mengalami kekalahan dari lawannya. Meski begitu, Gisel dan Gempi tetap terlihat senang dan menikmati permainannya.

Di luar urusan menang atau kalah, olahraga merupakan salah satu aktivitas penting bagi anak-anak. Mengutip laman Great Ormond Street Hospital for Children, aktivitas fisik sejak usia dini harus didorong karena bermanfaat bagi perkembangan anak.

Olahraga akan membantu meningkatkan perkembangan keterampilan motorik, tulang dan otot, keterampilan kognitif dan sosial pada anak. Begitu juga dengan bermain bulu tangkis.

Sport Advice HK melansir ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga bulu tangkis khususnya untuk anak. Apa saja?

5 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Anak

Gisella dan Gempi main bulu tangkis. Foto: Instagram.com/gisel_la

1. Koordinasi anggota tubuh

Pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, penting untuk mendukung perkembangan koordinasi fisiknya secara bertahap. Nah, olahraga bulu tangkis merupakan pilihan yang tepat untuk membantu perkembangan koordinasi pada anak.

Saat anak bermain bulu tangkis, koordinasi antara tangan, kaki dan mata harus berjalan dengan baik agar dapat menjangkau shuttlecock. Ini akan membuat anak menjadi lebih cekatan kedepannya.

2. Membangun kekuatan otot

Anak juga bisa membangun kekuatan ototnya melalui olahraga bulu tangkis. Misalnya saat anak memukul shuttlecock, itu akan membantu pembentukan otot pada tangannya.

Penguatan kekuatan otot ini juga memungkinkan anak untuk mempelajari konsep keseimbangan, yang sangat penting untuk perkembangannya.

3. Perkembangan motorik

Gisella dan Gempi main bulu tangkis. Foto: Instagram.com/gisel_la

Olahraga dengan gerak cepat seperti bulu tangkis tentu dapat membantu perkembangan motorik anak. Saat anak harus melompat dan berlarian mengejar shuttlecock, di sana lah anak akan terlihat lebih aktif dan cekatan. Olahraga ini akan membantu meningkatkan fungsi kaki dan tangan anak secara efektif.

4. Melatih konsentrasi

Jika ada salah satu olahraga yang bisa melatih konsentrasi anak, itu pasti bulu tangkis. Anak diharuskan untuk fokus melihat ke mana arah shuttlecock agar bisa menggapainya.

Apalagi jika anak bermain ganda, mereka harus fokus berbagi tugas agar permainan tidak berantakan. Tentu ini akan membuat anak berkonsentrasi sepenuhnya.

5. Perkembangan psikologis dan sosial

Jika perkembangan fisik sangat penting bagi seorang anak, demikian pula perkembangan psikologisnya, Moms. Bulutangkis adalah olahraga sehat yang dapat membantu si kecil; bersosialisasi dan berkomunikasi lebih baik dengan orang-orang.

Ini adalah bagian penting dari pertumbuhan anak, karena dapat menciptakan hubungan sosial di luar sekolah, lingkaran kehidupan sosial dan membangun hubungan dalam berbagai aspek.

Nah Moms, bagaimana? Tertarik mengajak anak main bulu tangkis seperti yang dilakukan Gisella Anastasia dan Gempita?

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

Comments are closed.