Mandala Shoji Bisa Manfaatkan Ijazah Kuliahnya karena Pandemi COVID-19

Artis sekaligus politikus, Mandala Shoji saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta, Kamis, (15/8). Foto: Ronny

Nama Mandala Shoji dikenal publik sebagai host acara Termehek Mehek yang tayang di sebuah stasiun televisi. Dia juga sempat membintangi beberapa film.

Sempat menghilang, Mandala menjadi perbincangan karena kasus black campaign yang terjadi pada 2018. Dia saat itu berusaha terjun ke dunia politik.

Artis sekaligus politikus, Mandala Shoji saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta, Kamis, (15/8). Foto: Ronny

Gegara kasus tersebut, Mandala Shoji harus mendekam di penjara selama enam bulan. Kala itu, ia dinyatakan bersalah karena menjanjikan masyarakat paket umrah dalam bentuk doorprize.

Pernah mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan, Mandala mengaku sudah tidak berminat berkecimpung di dunia politik. Lantas, apa kegiatannya saat ini?

“Kegiatan tetap sering beberapa kali ketemu teman-teman ada syuting juga. Kita buat program di kementerian, aku juga ada EO. Terakhir bikin acara untuk Kemendikbud, ada PH juga lagi nyiapin,” kata Mandala di program Rumpi yang tayang di Trans TV, Rabu (30/6).

Mandala Shoji Foto: Munady

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak tahun lalu membuat Mandala jadi bisa memanfaatkan ijazah kuliahnya. Sebab, banyak proyek yang datang dan justru bersinggungan dengan jurusan yang diambil pria 38 tahun ini semasa kuliah.

“Aku basic, kan, teknik sipil di ITS. Nah, karena pandemi banyak syuting dibatasi, kita beralih ke dunia konstruksi lagi, deh. Jadi sering di lapangan lagi, mengawasi tukang lagi, survei lapangan, ke pelosok untuk cari tanah dan bikin perumahan,” tutur Mandala.

“Ini sekarang juga sedang ada proyek renovasi sekolahan di Palu. Karena ada organisasi yang memberi bantuan untuk di sana yang kemarin kena tsunami itu,” lanjutnya.

Mandala Abadi Shoji di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Foto: Adhim Mugni/kumparan

Mandala secara perlahan mulai menata hidupnya kembali. Meski jarang berkecimpung di dunia hiburan, ia setidaknya bisa menjalankan usaha.

“Tapi, ya kalau masalah utang, namanya saya bisnis pasti ada. Karena, kan, butuh modal untuk bisnis. Masih ada (utang miliaran), lumayanlah. Tapi, namanya pebisnis pasti mengalami hal ini. Pokoknya kita berusaha move on dan bangkit,” ucap Mandala.

Comments are closed.