Makin Dekat Indonesia, Hyundai Staria Pekan Ini Diluncurkan

Eksterior Hyundai Staria. Foto: dok. Hyundai

Mobil baru Hyundai Staria bakal melakoni debutnya di Asia Tenggara pekan ini. Mengacu keterangan resmi Hyundai Thailand, Staria akan diluncurkan 9 Juli 2021 mendatang secara virtual melalui media sosial Facebook.

Peluncuran Hyundai Staria di Thailand. dok. Hyundai Thailand

Sebelum waktu peluncurannya itu, Staria telah tertangkap kamera tengah didistribusi di sana. Berdasarkan laporan Headlightmagz, model yang akan dikenalkan nanti adalah varian 11-penumpang.

Unitnya merupakan impor utuh dari Korea Selatan. Lanjutnya bicara dapur pacu akan pakai mesin diesel turbo 4-silinder 2.199 cc, yang memproduksi tenaga 177 dk pada 3.800 rpm dan torsi maksimum 431 Nm yang dicapai pada putaran 1.500 hingga 2.500 rpm.

Daya maksimumnya dikawinkan pada transmisi otomatis 8-percepatan, dan disalurkan pada kedua roda depannya (FWD). Nah untuk kendali transmisinya sudah pakai button type shift by wire, jadi tak lagi pakai tuas di konsol tengah.

Makanya konsol tengah mobil apabila tidak dijadikan cup holder atau tempat penyimpanan, bisa ditegakkan jadi sandaran kursi tengah baris depan. Mudah memahaminya seperti jok depan Toyota HiAce.

Interior Hyundai Staria. Foto: dok. Hyundai

Bocoran tampilannya juga ramai diperbincangkan di media sosial. Wajahnya menggunakan lampu yang berbeda dari model full spek yang pakai lampu persegi panjang ke bawah.

Khusus versi Thailand bentuk lampu utamanya mengotak asimetris, yang mengapit grille dan bingkai pelat nomor. Di atasnya ada LED bar yang bakal difungsikan sebagai daytime running light (DRL).

Eksterior Hyundai Staria. Foto: dok. Hyundai

Sementara dari buritan dia tampak punya desain lampu yang memanjang. Terlihat serasi dengan panel kacanya yang lebar, sehingga makin menguatkan konsep pesawat luar angkasa.

“Staria akan menawarkan pengalaman baru dan nilai yang benar-benar baru kepada pelanggan melalui desain, dan fitur inovatif yang belum pernah ada sebelumnya,” ungkap Senior Vice President and Head of Global Hyundai Design, Sangyup Lee.

Selain Indonesia, negara lain yang bakal merilis Hyundai Staria adalah Indonesia. Bocorannya sudah terungkap melalui informasi nilai jual kendaraan bermotor pada laman BPRD DKI Jakarta.

Di sana tertera Staria 2.2 2WD 8AT yang memiliki nilai jual yang belum dikenakan pajak sebesar Rp 450 juta. Besar kemungkinan spesifikasi mesin yang bakal dijual akan sama seperti Staria di Thailand. Sayangnya detail waktu peluncurannya, Hyundai Indonesia belum bersedia berkomentar.

Comments are closed.