Mahasiswa Ini Sediakan Beasiswa untuk Sejumlah Pemuda dari Jualan Gorengan

Pintarsama Telaumbanua saat berpose bersama salah satu karyawannya. FOTO: Dok Ist.

PALANGKA RAYA-Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan merupakan sesuatu yang sangat diinginkan oleh setiap pelajar, mahasiswa dan orang tua. Tidak heran ketika kesempatan untuk mendapatkan bantuan itu ada pasti banyak pemburunya.

Berbeda dengan yang lain yang mungkin memburu beasiswa dari berbagai sumber, Pintarsama Telaumbanua justru menjadi donatur. Status sebagai mahasiswa dan juga penjual gorengan, pria asal Nias itu justru memberikan beasiswa kepada sejumlah pemuda, termasuk karyawannya.

Keberaniannya untuk memberi bukan karena sudah berkelebihan dari hasil penjualan gorengan bakwan a’long-nya. Semuanya karena dirinya menyadari bahwa kepedulian kepada masyarakat sekitar adalah wajib bagi siapapun.

“Saya melakukan ini tidak terlepas sebagai bakti saya untuk melakukan kebaikan kepada lingkungan di sekitar tempat saya berjualan gorengan,” ujar Pintar yang saat ini mengenyam pendidikan Magister di salah satu Universitas di Palangka Raya, Sabtu (4/6).

Saat ditanya terkait sepak terjangnya sebagai mahasiswa sekaligus penjual gorengan, sambil tersenyum pria yang disapa Pintar itu mengatakan dirinya memulai usahanya dengan tekad yang kuat agar tidak susah di tanah rantau. Itu prinsip awalnya.

“Namanya merantau dan berkuliah tentu harus bisa mandiri. Saya pernah kerja sampingan di beberapa tempat sambil kuliah agar kebutuhan terpenuhi,” ujarnya.

Usai memiliki modal seadanya, pria asal Pulau Sumatera itu nekad membuka gorengan Bakwan A’long. Ia memulai dengan modal seadanya.

Sejak awal merintis usaha gorengan, Pintar mengharamkan gengsi atau malu. Baginya kehidupan itu tak perlu bedasarkan penilian atau kata orang lain jika memang yang dibuat itu baik dan berguna bagi banyak orang.

“Saya tidak malu, justru saya bangga karena dari jualan gorengan ini saya mampu membiayai kuliah bahkan dapat mengirimkan tambahan keuangan untuk kedua orang tua saya,” jelas pria lulusan terbaik PLS FKIP UPR ini.

Setapak demi setapak akhirnya bisnis franchise bakwan A’Long yang dirintis mahasiswa Magister Universitas Muhammadiyah Palangka Raya itu semakin moncer dan berkembang. Ini karena karena bakwan produksinya dikenal gurih dan renyah.

Sebagai rasa syukur dia pun tak lupa menyisihkan penghasilannya untuk membantu para pemuda yang tengah menuntut ilmu berupa beasiswa paket C yang jumlahnya mencapai jutaan rupiah. Dan salah satu penerimanya yakni karyawannya sendiri.

Subhan, salah satu dari karyawan Pintar mengaku sangat bersyukur bisa diterima bekerja di Bakwan A’Long Palangka Raya. Karena semenjak bekerja disana dia bisa membantu meringankan beban orang tuanya dalam hal materi.

“Kini saya tidak perlu menunggu transferan dari orang tua, bahkan sekarang saya bisa kirim uang kepada orang tua di kampung, “ujarnya bangga.

Comments are closed.