Macam-Macam Warna Abu-Abu dan Kode RGB-nya

Ilustrasi macam-macam warna abu-abu dan kode RGB-nya, sumber foto oleh Stas Knop dari Pexels

Warna merupakan salah satu elemen yang memiliki dampak paling besar dalam sebuah gambar atau hasil desain grafis. Warna seperti sebuah nyawa dalam gambar, tanpa perpaduan warna yang bagus dan pas maka gambar yang bagus sekalipun tidak akan sempurna. Warna bisa memberikan kesan yang berbeda dalam sebuah gambar, selain itu melalui sebuah warna juga bisa memberikan kesan emosional dalam sebuah gambar. Warna sendiri sangat banyak, namun kali ini akan kita berikan penjelasan mengenai macam-macam warna abu-abu dan kode RGB-nya untuk membantu dalam memberikan warna ketika melakukan desain menggunakan Corel Draw atau Photoshop.

Macam-Macam Warna Abu-Abu

Ilustrasi macam-macam warna abu-abu dan kode RGB-nya, sumber foto oleh Ksenia Chernaya dari Pexels

Berikut adalah macam-macam warna abu-abu dan kode RGB-nya yang berfungsi ketika kalian akan melakukan desain menggunakan software seperti Corel Draw. Dikutip dari buku Panduan Warna Menarik untuk Rumah karya Lenggosari warna abu-abu merupakan warna yang terkenal dengan sebutan warna bayangan dan memberikan tambahan jiwa. Suatu ruangan lebih hidup dengan penambahan warna abu-abu. Warna abu-abu juga identik dengan warna tengah dan sebagai warna pengoreksi.

Gainsboro #DCDCDC

Lightgray / Lightgrey # D3D3D3

Perak # C0C0C0

Darkgray / Darkgrey # A9A9A9

Abu-Abu / Abu-Abu # 808080

Dimgray / Dimgrey # 696969

Ightslategray / Lightslategrey # 778899

Slategray / Slategrey # 708090

Darkslategray / Darkslategrey # 2F4F4F

Dalam menentukan perpaduan sebuah warna ada beberapa teknik yang bisa digunakan, Skema Warna. Dikutip dari buku Paduan Membuat Desain Ilustrasi Busana karya Soekarmo dan Lanawati Basuki, (2004) ada beberapa skema warna diantaranya adalah sebagai berikut.

Yaitu skema warna menggunakan perpaduan warna-warna yang sama, tetapi berbeda kemurniannya sehingga jika dilihat sepintas akan tampak sama, padahal kecemerlangannya berbeda.

Skema warna analogus merupakan perpaduan warna-warna yang bersebelahan letaknya dalam lingkaran warna.

Skema warna triadic merupakan kombinasi warna-warna yang terletak pada titik sudut segitiga sama sisi dalam lingkaran warna.

Skema warna komplementer menggunakan kombinasi warna-warna yang saling berseberangan letaknya dalam lingkaran warna.

Skema warna polikromatik adalah perlawanan atau perpaduan warna yang didapatkan dari rangkaian empat warna dalam lingkaran warna.

Demikian adalah pembahasan terkait dengan macam-macam warna abu-abu dan kode RGB-nya serta teknik dalam menentukan perpaduan warna atau biasa dikenal dengan skema warna. (WWN)

Comments are closed.