Luhut Pastikan Supermarket hingga Mal Tetap Buka Saat PPKM Darurat

Ilustrasi mal. Foto: Pixabay

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi sebagai koordinator PPKM Darurat untuk seluruh wilayah Jawa dan Bali.

Penunjukan sebagai pemegang komando kebijakan rem mendadak ini dibenarkan oleh Juru Bicara Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi.

“Betul Menko Maritim dan Investasi telah ditunjuk oleh Bapak Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali,” jelas Jodi dalam keterangan tertulis, Rabu (30/6).

Menurut Jodi, saat ini pemerintah masih membuat formulasi tindakan pengetatan yang akan diambil. Sehingga ia meminta masyarakat buat menunggu pengumuman resmi yang akan disampaikan secepatnya.

Jodi pun meminta agar masyarakat tidak panik dengan beredarnya kabar melalui pesan singkat. Di mana salah satu isinya menyebut bakal ditutupnya mal dan pusat perbelanjaan 100 persen.

Ilustrasi belanja di supermarket. Foto: Dok. Istimewa

Dia pun mengingatkan agar masyarakat lebih menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Termasuk juga imbauan untuk melakukan vaksinasi bagi yang sehat dan belum mendapatkan dosis vaksin.

Menurut Jodi, pusat perbelanjaan seperti supermarket, mal, serta sektor-sektor esensial masih akan tetap beroperasi selama diberlakukannya PPKM Darurat.

“Beroperasi dengan jam operasional dipersingkat dan prokes yang ketat. Dimohon agar tidak panik dengan adanya berita yang beredar di grup Whatsapp,” tutur Jodi.

Sebelumnya, diberitakan bahwa pemerintah dan pemerintah pusat telah menyiapkan rencana pemberlakukan PPKM Darurat. Langkah mitigasi superketat ini direncanakan bakal berlaku mulai 3 Juli 2021 hingga 2 pekan ke depan.

Comments are closed.