Legenda Timnas Jerman Anggap Inggris Cuma Lawan Ecek-ecek

Selebrasi pemain Jerman usai mencetak gol ke gawang Portugal pada pertandingan lanjutan Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Muenchen, Jerman.
Foto: Matthias Schrader/REUTERS

Duel klasik Inggris vs Jerman akan segera tersaji di babak 16 besar Euro 2020, Selasa (29/6) malam WIB. Legenda Timnas Jerman, Stefan Effenberg, mulai psywar dengan menyebut skuad The Three Lions adalah lawan termudah.

Jerman sebenarnya sempat terseok-seok di awal perjalanan mereka di Euro 2020. Mereka kalah tipis dari Prancis, sebelum akhirnya memastikan tiket ke 16 besar usai menang atas Portugal dan seri saat kontra Hongaria.

Nah, Stefan Effenberg beranggapan bahwa Timnas Inggris bukanlah lawan yang sulit dihadapi. Apalagi, menurutnya, kekuatan Jerman sudah terbukti saat tergabung di grup ‘neraka’.

”Saya pikir Inggris akan menjadi lawan yang paling mudah bagi kami sejauh ini. Di babak grup, kami sudah berhadapan dengan jawara dunia, Prancis, jawara Eropa, Portugal, dan Hongaria yang juga sulit ditaklukkan. Kami sudah selamat dari itu,” kata Stefan Effenberg, dilansir Goal International.

Inggris vs Jerman di Piala Dunia 2010. Foto: CHRISTOPHE SIMON / AFP

Stefan Effenberg menilai langkah Inggris ke babak 16 besar tidaklah sesulit Jerman. The Three Lions ‘hanya’ melawan Kroasia, Skotlandia dan Ceko.

”Inggris belum benar-benar teruji di turnamen dan serangan mereka yang dibangun di sekitar Harry Kane belum terlihat sama sekali,” jelasnya.

”Jadi, saya sangat yakin kami akan memenangi pertandingan. Saat ini, tekanan ada di kubu Inggris. Mereka akan bermain di kandang. Meski punya pemain muda, mereka diharapkan bisa keluar sebagai juara,” dirinya menambahkan.

Stefan Effenberg, eks pemain Timnas Jerman. Foto: Instagram.com/stefan_effenberg_official

Timnas Jerman memang punya catatan positif saat berjumpa Inggris. Dalam lima pertemuan terakhir, Jerman mampu memenangi tiga di antaranya. Sementara, dua lainnya berakhir satu untuk kemenangan Inggris dan sekali hasil imbang.

Adapun, Stefan Effenberg merupakan penggawa Timnas Jerman di era 90-an. Menurut statistik Transfermarkt, pria yang dahulu berposisi sebagai gelandang itu punya catatan 35 penampilan bersama Die Mannschaft.

Comments are closed.