Lawan Kata Baik dan Perbedaannya dengan Kata Benar dalam bahasa Indonesia

Ilustrasi Lawan Kata Baik dan Perbedaannya dengan kata Benar Sumber pixabay.com

Materi pelajaran bahasa Indonesia tentang antonim atau yang juga biasa disebut lawan kata, setidaknya pasti sudah dipelajari sejak bangku sekolah dasar (SD). Contohnya adalah pelajaran tentang lawan kata baik. Untuk mengetahui jawabannya simaklah ulasan berikut.

Baca juga: Lawan Kata Indah dan Contoh Penggunaannya dalam Percakapan Sehari-hari

Mengenal KBBI

Mengutip laman resmi KBBI Kemdikbud, Pemutakhiran KBBI dilakukan dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Pemutakhiran KBBI terakhir, dilakukan pada bulan Oktober 2022.

Untuk itu diketahui, saat ini pada edisi paling terbaru, KBBI telah memuat lebih kurang 108.000 lema (kata atau frasa masukan dalam kamus di luar definisi yang diberikan dalam entri; berikut keterangan ringkas, seperti kelas katanya, etimologinya dan lafalnya).

Lawan Kata Baik

Ilustrasi Lawan Kata Baik dan Perbedaannya dengan kata Benar Sumber pixabay.com

Lawan kata baik adalah buruk. Simak juga perbedaan baik dan benar dalam ulasan berikut.

Baik artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah elok, patut, teratur (apik, rapi, tidak ada cela dan sebagainya). Sinonim dari kata baik adalah arti katanya sendiri. Sinonim baik ialah elok, patut dan teratur.

Kata turunan dari kata baik adalah baik-baik; berbaik; berbaik-baik; berbaik-baikan; berbaikan; kebaikan; membaik; membaiki; membaikkan; memperbaiki; pembaikan; perbaikan; sebaik; sebaik-baiknya; sebaiknya; terbaik; terbaiki.

Kata baik biasanya beriringan dengan sebuah tindakan yang benar. Namun dalam hal ini, ada sedikit perbedaan dalam penempatan kata yang tepat untuk kata baik dan benar.

Dikutip dari jurnal Pragmatik Benar dan Baik, kata benar yang sinonim dengan kata betul bermakna sesuai dengan yang seharusnya, tidak salah, tidak berat sebelah, adil, sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Tampak bahwa baik dan benar itu beriringan.

Kesimpulan perbedaan baik dan benar adalah baik itu relatif bahkan subjektif dalam berbagai pandangan orang beda halnya dengan benar yang bersifat mutlak.

Contoh Penggunaan Kalimat dengan Kata Baik

Agar lebih memahami kata baik, baiknya juga dipelajari lewat contoh kalimat sebagai berikut:

Anita bersikap baik kepada teman-temannya, sehingga ia disukai banyak orang.

Reni mengungkapkan bahwa kabar baik dari Ayahnya membuatnya lebih optimis untuk menjalani perlombaan.

Rizal merasa lebih baik usai minum obat dari dokter.

Dina dan Doni berjanji akan bersifat lebih baik usai pertengkaran semalam.

Seluruh siswa SMK Negeri 1 Jambi berhasil lulus dengan nilai baik.

Sejak bertemu dengan kakeknya, Genta merasa lebih baik dan lebih tenang.

Dosen Pembimbing Ranti telah meminta Gilang agar melakukan revisi pada skripsinya agar hasil penelitiannya menjadi lebih baik.

Produk PT ABCD diklaim berkualitas baik dibanding para kompetitornya.

Itulah lawan kata baik yakni buruk dan perbedaannya dengan kata benar. Semoga dapat menjadi wawasan ulasan kebahasaan yang bermanfaat. (ANG)

Comments are closed.